Tanaman-Tanaman Ini Dapat Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jahe merah - Antara
26 November 2020 23:57 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Masyarakat harus tetap memprioritaskan kesehatan dan imunitas tubuh dengan menjalani pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi termasuk buah dan sayur, olahraga teratur, hindari stress, cukup istirahat, hindari rokok dan alkohol, serta konsumsi asupan suplemen yang mengandung bahan herbal alami.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania menjelaskan bahwa Indonesia sangat kaya akan tanaman obat yang unggul, bahkan Pemerintah Indonesia telah mendukung sejumlah riset untuk pengembangan obat tradisional dan jamu Indonesia karena merupakan warisan budaya yang telah terbukti secara empiris memelihara kesehatan tubuh.

Namun demikian, katanya, hendaknya Anda bisa mengenali dengan baik kandungan yang telah terbukti membawa manfaat bagi tubuh kita.

"Tanaman asli Indonesia seperti kunyit, temulawak, jahe merah misalnya, mengandung zat aktif yang dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, sedangkan kulit delima, kulit manggis dan temu kunci telah dikenal luas memiliki khasiat terpercaya untuk meningkatkan kesehatan,” ujarnya dalam virtual press conference, Kamis (26/11/2020).

Ia menambahkan bahwa Temulawak, yang merupakan tanaman herbal khas Indonesia, berfungsi sebagai adaptogen yaitu zat yang mampu meregulasi hormon agar beradaptasi dengan stres fisik maupun lingkungan, sehingga mampu meningkatkan stamina dan energi.

Sedangkan Jahe merah memiliki efek imunostimulan dengan kandungan zat aktif gingerol, shogaols dan antosianidin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta aktifitas fagositosis yang kuat. Adapun Kunyit dengan zat aktif kurkumin yang dikandungnya, mampu meningkatkan respon imunitas seluler disertai efek antiinflamasi yang kuat.

Sementara, kulit manggis memiliki kandungan aktif Xanthone yang mampu menetralkan radikal bebas 5 kali lebih kuat dibandingkan vitamin A, C dan E., dan Kulit delima dengan zat aktif Granatonine dapat mencegah kerusakan DNA, sedangkan Temu kunci dengan zat aktif Panduratin dapat menghambat penuaan dini.

“Kulit manggis, Kulit delima, dan Temu kunci merupakan kombinasi optimal dari bahan antioksidan yang dapat membantu mencegah terbentuknya sel-sel kanker,” ujarnya.

Head of Sales & Marketing PT Tunggal Idaman Abdi, Maria Fatimah Deasy Gelu, mengungkapkan, produk Herbatia Sari Imuno dan Herbatia Sari Oxyfit mengandung bahan alami dengan komposisi empon-empon 3 in 1 yaitu Ekstrak Kunyit, Temulawak dan Jahe Merah yang telah diformulasikan khusus sehingga mampu bekerja sebagai imunostimulan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

"Sedangkan Herbatia Oxyfit adalah antioksidan alami yang mengandung ekstrak kulit manggis, ekstrak kulit delima dan ekstrak temu kunci yang bekerja sinergistik mampu menangkal radikal bebas,” paparnya

Dia juga menyatakan kedua produk ini telah melalui proses produksi sesuai standard CPOTB / Cara Pembuatan Obat Tradisional Bermutu yang baik sesuai sertifikasi dari BPOM RI, melalui proses ekstraksi dan purifikasi melalui teknologi terkini untuk memperoleh sari pati herbal dengan kemurnian yang tinggi dari setiap bahan herbal yang digunakan.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia