Ingin Belajar Membuat Puisi? Ikuti Langkah Berikut

Ilustrasi. - Harian Jogja
29 November 2020 00:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Salah satu karya sastra adalah puisi. Kalimatnya yang sederhana tapi penuh makna membuat para pembacanya bebas berimajinasi dengan kata-kata tersebut.

Tak hanya itu, kata-kata yang digunakan pun biasanya romantis dan unik sehingga membuat banyak orang penasaran dan ketagihan untuk membaca puisi. Namun, apakah Anda tertarik untuk membuat puisi karya sendiri? Nah, berikut ini cara membuat puisi yang sederhana dan mudah untuk pemula. Selamat mencoba!

  1. Pelajari Buku Sastra 
    Sebelum membuat puisi, pastikan dulu Anda tahun apa itu puisi, apa syarat-syarat terbentuknya sebuah puisi dan bagaimana puisis yang baik dibuat. Dengan begini, Anda akan memiliki banyak referensi dan inspirasi untuk membuat puisi karangan sendiri. Selain itu, dengan membaca buku sastra, kepekaan terhadap sekitar jadi lebih tajam dan memunculkan ide-ide baru untuk puisi Anda. 
  2. Tentukan Tema
    Sebelum terjun ke dalam inti puisi, tentukan dulu tema apa yang ingin Anda buat. Apakah percintaan, persahabatan, kemanusiaan. Tema akan membuat puisi Anda lebih spesifik dan tidak melenceng ke mana-mana. Sehingga lebih mudah dipahami pembaca. 
  3. Perhatikan Pemilihan Kata dan Rima 
    Pastikan untuk memilih kata yang selaras dengan rima di setiap baitnya. Rima adalah pengulangan bunyi di awal atau akhir kalimat. Sehingga saat dibaca akan lebih menarik pembaca karena ketika diucapkan bunyinya selaras dan indah. 
  4. Mulai Menulis 
    Setelah semua aspek terpenuhi, kini saatnya menulis. Tuangkan segala pikiran, ide, dan hal-hal lain yang Anda rasakan. Jika merasa kesulitan, Anda bisa mulai dengan cara deskriptif atau mendeskripsikan objek. Misalnya, caranya menatap, berbicara, bergerak, hingga bentuk fisiknya. Ekspresikan semua yang terlintas di pikiran dan hati. Terpenting, selalu jujur ketika menulis puisi. 
  5. Pilih Judul yang Menarik 
    Terakhir, setelah menulis puisi ialah memilih judul. Mengapa judul dibuat terakhir? Agar tidak terlalu lama memikirkan judul dan terkadang pemula akan terpaku dengan judul sehingga membatasi ide-ide yang akan ditulis menjadi puisi. Pilihlah judul yang unik dan tak biasa namun tetap dapat dimengerti oleh pembaca sekaligus membuat penasaran.

Itulah cara membuat puisi yang sederhana dan mudah untuk pemula.

Sumber : Suara.com