Ini Lima Tips Sukses Menjadi Pemimpin Saat WFH

Zoommeeting. - ANTARA
05 Desember 2020 05:27 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak perusahaan yang menerapkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama masa pandemi Covid-19. Namun, mengelola tim dari jarak jauh agar tetap aktif dan produktif merupakan tantangan tersendiri, bagi manajer terbaik sekalipun.

Sebagai seorang pemimpin, Anda bertanggung jawab dalam menjaga tim tidak hanya sebagai rekan kerja tetapi sebagai manusia. Transisi ke bekerja dari jarak jauh dapat memengaruhi budaya tim, karena kecemasan seputar proyek masa depan dan kolaborasi tim tampaknya tidak pasti.

Faktor tambahan seperti anak-anak di rumah, pengasuhan orang tua, dan berbagai hal lainnya menjadi bagian dari keseharian para pekerja saat bekerja dari rumah. Sangat penting bagi para karyawan untuk tetap berada dalam kepemimpinan yang mampu mendukung tim melalui komunikasi online.

Berikut lima tips yang dapat diikuti seorang manajer agar dapat terus memimpin dan menginspirasi timnya secara jarak jauh tanpa bertemu langsung seperti dikutip dari blog.zoom.us.

1. Memperkuat kebutuhan logistik tim

Saat tim Anda berpindah dari kantor bersama ke ruang kerja jarak jauh, ada beberapa item logistik yang dapat membantu memastikan kesuksesan.

Pertama, pertimbangkan peralatan apa yang dibutuhkan tim Anda untuk bekerja dari jarak jauh. Banyak karyawan hanya membutuhkan laptop (dengan webcam) dan koneksi internet yang baik. Internet yang andal adalah kuncinya, karena banyak sistem wifi rumah tidak dapat diskalakan dengan baik jika ada banyak permintaan di jaringan.

2. Membuat Jadwal

Ketika tim bertransisi ke pekerjaan jarak jauh, mudah untuk proyek dan inisiatif tersesat dalam campuran. Penting untuk menjaga rasa kebersamaan tim Anda sambil memastikan bahwa proyek tetap berjalan sesuai rencana.

Penting bagi para pemimpin untuk menegaskan kembali peta jalan tim dan memastikan keselarasan pada prioritas. Dan karena Anda tidak dapat mengumpulkan tim di ruang konferensi reguler Anda, rapat secara virtual bisa jadi Andalan.

Untuk memastikan keselarasan pada prioritas dan sesuai dengan proyek, jadwalkan check-in yang konsisten melalui Zoom Meetings. Untuk mempermudah perencanaan, gunakan integrasi penjadwalan Zoom.

3. Beri Contoh yang Baik

Video meningkatkan kepercayaan, keterlibatan, dan produktivitas. Nada suara, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh Anda berkomunikasi sebanyak kata-kata Anda. Jadi, pastikan untuk memimpin dengan memberi contoh dengan menyalakan kamera Anda.

Bahkan pada hari-hari ketika Anda merasa tidak siap ke kantor, ketahuilah bahwa Anda akan selalu tampil terbaik dengan fitur "perbaiki penampilan saya". Hubungan sosial, lebih dari sebelumnya, merupakan bagian integral dari kesejahteraan tim Anda. Dan bersenang-senanglah dengan latar belakang virtual!

4. Lebih Transparan

Transparansi adalah kunci saat memimpin tim dari jarak jauh. Jika ada anggota yang bingung tentang strategi, hasil, atau prioritas, seluruh inisiatif akan menderita. Bangun kepercayaan dan kepercayaan diri dengan tim Anda dengan komunikasi yang jujur sehingga anggota tim Anda merasa aman saat bekerja dari jarak jauh.

Tetap fokus dengan menggunakan obrolan tim, rapat Zoom reguler, dan panggilan yang sering dilakukan untuk komunikasi yang kohesif. Pemimpin dapat membimbing anggota tim dengan keterbukaan dan kejelasan, karena platform ini mendorong konektivitas terlepas dari lingkungan Anda.

5. Buatlah momen menyenangkan

Hanya karena Anda tidak berada di kantor yang sama, bukan berarti Anda bukan bagian dari tim. Seperti disebutkan dalam tip di atas, luangkan waktu untuk bersenang-senang, aktivitas menarik untuk mengurangi potensi kesepian dari pekerjaan jarak jauh dan menciptakan persahabatan.

Beberapa aktivitas virtual favorit kami adalah rehat kopi, polling Sli.do, sesi peregangan dan yoga, dan "Virtual Lunch Wednesday", di mana kami mengevaluasi siapa yang makan siang paling enak!

Jangan lupa untuk mempromosikan strategi perawatan diri dalam sinkronisasi tim Anda, seperti keluar untuk istirahat, tetap terhidrasi, dan menjadwalkan panggilan telepon hanya untuk terhubung dengan orang lain.

Sumber : bisnis.com