Advertisement

Ingin Menunda Menstruasi? Ini Cara Alami yang Bisa Anda Lakukan

Newswire
Senin, 07 Desember 2020 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingin Menunda Menstruasi? Ini Cara Alami yang Bisa Anda Lakukan Ilustrasi Menstruasi - ist/classic105

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Banyak perempuan yang menginginkan siklus menstruasi lancar. Namun pada suatu waktu, kita muncul niatan untuk menundanya karena suatu alasan.

Dalam hal ini, banyak perempuan yang menggunakan obat-obatan dalam menunda menstruasi.

Advertisement

Padahal melansir dari Healthline, ada beberapa cara alami untuk menunda menstruasi, antara lain:

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel (ACV) telah disebut-sebut sebagai obat ajaib untuk jerawat, mulas, dan bahkan lemak perut.

Penelitian menunjukkan bahwa ACV mungkin dapat menunda menstruasi khusunya pada perempuan dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Tetapi penelitian ini menemukan bahwa ACV sebenarnya dapat menyebabkan menstruasi pada wanita yang belum memiliki siklus reproduksi yang normal karena gula darah dan ketidakseimbangan hormon. Tidak ada bukti ACV akan menghentikan menstruasi.

Meski memungkinkan bisa menunda menstruasi, Anda tak disarankan untuk minum ACV langsung dari botolnya. Encerkan dengan air atau cairan dengan ACV agar lebih aman dan enak dikonsumsi.

2. Lentil

Laporan anekdot mengatakan bahwa mengonsumsi lentil pada hari-hari sebelum menstruasi bisa menunda menstruasi itu sendiri. Laporan ini menyarankan untuk menggoreng lentil sampai lunak, lalu menggilingnya menjadi bubuk halus.

3. Jus Lemon

Jus lemon adalah makanan yang sangat asam. Laporan anekdot menunjukkan buah lemon dapat membantu mencegah pendarahan. Namun masih belum ada penelitian yang mendukungnya.

4. Gelatin

Melarutkan gelatin dalam air hangat dan meminumnya disebut akan memperlambat awal menstruasi selama sekitar empat jam. Jika Anda membutuhkan waktu yang lebih lama, Anda harus terus mengulangi penggunaan gelatin.

5. Olahraga

Olahraga berlebihan dapat menunda dimulainya menstruasi. Orang dengan menstruasi yang terlibat dalam aktivitas fisik atau aktivitas yang berat pada hari-hari sebelum menstruasi mungkin bisa sedikit menunda waktu datang bulan Anda.

Hal ini bisa disebabkan akibat ketersediaan energi yang rendah. Ketika tubuh Anda telah menggunakan banyak energinya untuk berolahraga dan memulihkan diri, mungkin tubuh tidak memiliki cadangan energi untuk memenuhi siklus menstruasi.

Atlet profesional sering kali kehilangan menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pilkada 2024, KPU Jogja Gandeng Disdukcapil Memastikan Akurasi Data Pemilih

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Kasus Pengemudi Arogan Mengaku Adik Jenderal Kini Diusut Bareskrim

News
| Kamis, 18 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement