Punya Bayi dan Hewan Peliharaan? Bagaimana Membagi Waktu untuk Merawatnya?

Balita bermain dengan anjing. Aktivitas bermain dengan anjing, bisa meningkatkan kecerdasan emosional balita. - Time of India
11 Desember 2020 14:07 WIB Krizia Putri Kinanti Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Tidak sedikit ibu yang masih memiliki hewan peliharaan saat dirinya baru saja melahirkan. Seringkali kondisi ini menciptakan kebingungan dalam perawatan.

Sebelum ada bayi, biasanya hewan peliharaan yang dibawa sejak masa lajang akan selalu dimanjakan dan mendapatkan banyak cinta.

Masalah akan muncul, saat seorang bayi dilahirkan dalam beberapa tahun dan kemudian nyonya rumah atau ibu baru akan merasa sulit untuk menangani hewan peliharaan.

Dikutip dari Pink Villa, Jumat (11/12/2020), berikut beberapa cara merawat hewan peliharaan dan bayi secara bersama-sama:

1. Bersiaplah untuk hari ini

Hindari memelihara hewan, jika Anda tidak bisa mengelolanya nanti. Hanya Anda yang mengetahui kapasitas Anda dalam mengatur hewan peliharaan.

Memiliki hewan peliharaan sama seperti menambahkan anggota baru ke dalam keluarga. 

2. Rencanakan sebelumnya

Setelah Anda mengetahui tanggal  kelahiran, maka rencanakan untuk memiliki hewan peliharaan terlebih dahulu. Hewan peliharaan sangat bersemangat untuk menyambut bayi yang baru lahir. 

Seperti anjing, hewan ini sangat cepat belajar dan beradaptasi dan akan menyesuaikan diri dengan perubahan ini sejak awal. Dia akan menghindari masuk ke kamar bayi kecuali diizinkan atau dipanggil. Ini akan memastikan bahwa bayi (baru lahir) tidak mengalami infeksi atau tanda cakaran yang tidak disengaja) atau mengawasi setiap menit saat hewan peliharaan berada di sekitar bayi.

3. Beri ruang tapi tetap awasi

Saat bayi Anda mulai dewasa, berikan ruang untuk anak dan hewan peliharaan. Anjing Anda tidak akan pernah menyakiti anak Anda dengan sengaja. Namun hal itu mungkin secara tidak sengaja mendorong anak Anda sedikit lebih keras dari biasanya karena dia tidak menyadari berat bayi.

Anda harus memberi anak-anak (manusia dan anjing) kesempatan yang adil untuk berbaur dan menyatu satu sama lain. 

Anjing akan mulai mengenal satu sama lain dan hewan peliharaan Anda akan mulai merawat anak Anda dengan ekstra. Faktanya anjing dikenal sebagai penjaga terbaik anak-anak.

4. Disiplinkan Waktu Makan

Bayi mungkin meminta makanan kapan saja, tetapi anjing Anda mungkin cenderung menjadi tidak teratur. Jadi sejak awal, disiplinkan anjing untuk 2 kali makan berat dan 2 kali jalan-jalan sehari. Bila kebiasaan ini sudah dipupuk, maka anjing mengingatkan Anda untuk makan / berjalan jika Anda melewatkan waktu. 

5. Bagilah waktu

Hewan peliharaan Anda adalah anak permanen Anda. Betapapun tua dia tumbuh, itu akan selalu menjadi anak-anak bagi Anda. Anak ini telah terbiasa dengan waktu khusus Anda sepanjang hari. Sekarang dengan bayi yang lahir, Anda sebagai seorang ibu perlu membuat hewan peliharaan mengerti. Anjing harus memahami bahwa waktunya terbagi dan Anda harus memberikan sebagian waktunya kepada bayi Anda.

Jangan khawatir, lakukan dengan sabar. Anjing peliharaan akan mengerti bahwa Anda memiliki prioritas lain dalam hidup dan akan menyesuaikan diri dengan anggun. Ini akan memastikan bahwa tidak ada patah hati dan hewan peliharaan mengalami depresi.

6. Hidup dan tumbuh bersama mereka

Anda tidak perlu meninggalkan yang satu untuk yang lain. Sangat mungkin untuk mengelola dan menangani keduanya. Anjing sangat terkenal karena kesetiaannya.

Mitos bahwa air liur anjing dapat membahayakan bayi adalah salah. Anjing memiliki gigi yang paling bersih dan tidak akan pernah membahayakan bayi. Mereka bermain dengan sangat hati-hati dengan bayi setelah ia belajar berguling dan menendang. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat melihat kedua permainan tersebut. Ini adalah cinta saudara dan Anda perlu melihatnya dengan mata seorang ibu.

Jadi, Anda sebagai ibu baru dapat dengan mudah memikul tanggung jawab ini dan merawat hewan peliharaan dan bayinya untuk memastikan transisi yang mulus. Ini akan membantu memperkuat ikatan antara Anda dan hewan peliharaan Anda dan juga antara hewan peliharaan dan bayi yang baru lahir.

Sumber : bisnis.com