Mudah Didapatkan, Ini 5 Makanan Pereda Stres

Ilustrasi. - Freepik
13 Desember 2020 12:27 WIB Newswire Lifestyle Share :


Harianjogja.com, JAKARTA - Stres merupakan hal yang wajar dialami setiap orang. Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan tertentu. Makanan tertentu mungkin bisa meredakan stres.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa makanan yang bisa meredakan stres, antara lain:

1. Ubi Jalar

Makan sumber karbohidrat yang kaya nutrisi utuh seperti ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Sebuah studi selama 8 minggu pada perempuan dengan berat badan berlebih atau obesitas menemukan bahwa mereka yang makan konsumsi makanan kaya karbohidrat padat nutrisi secara signifikan memiliki tingkat kortisol  yang lebih rendah daripada mereka yang mengikuti pola makan standar.

2. Telur

Telur sering disebut sebagai multivitamin alami karena kandungan nutrisinya. Telur utuh mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk merespons stres.

Telur utuh kaya akan kolin yang memainkan peran penting dalam kesehatan otak dan dapat melindungi dari stres.

3. Kerang

Kerang mengandung asam amino tinggi yang berpotensi meningkatkan suasana hati. Taurin dan asam amino dalam kerang dibutuhkan untuk menghasilkan neurotransmiter seperti dopamin yang penting untuk mengatur respons stres.

Kerang juga mengandung vitamin B12, zinc, mangan, dan selenium yang semuanya dapat membantu meningkatkan suasana. Sebuah penelitian pada 2.089 orang dewasa Jepang mengaitkan asupan rendah zinc dan mangan dengan gejala depresi dan kecemasan.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti mackerel, herring, salmon, dan sarden sangat kaya akan lemak omega-3 dan vitamin D. Nutrisi ini telah terbukti membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

Omega-3 tidak hanya penting untuk kesehatan otak dan suasana hati tetapi juga dapat membantu tubuh menangani stres. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan regulasi stres.

5. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur yang membantu meningkatkan kadar glutathione. Antioksidan ini berfungsi untuk meredakan stres.

Terlebih lagi, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bawang putih membantu memerangi stres dan mengurangi gejala kecemasan serta depresi.

Sumber : Suara.com