Kucing Bisa Terinfeksi Covid-19, Tapi Lebih Cepat Sembuh Daripada Manusia

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
18 Desember 2020 23:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Covid-19 tidak hanya menginfeksi manusia. Virus ini diketahui dapat menginfeksi hewan. Salah satunya adalah kucing. Pada Maret lalu, ditemukan seekor kucing peliharaan di Belgia menjadi kucing pertama yang dinyatakan positif Covid-19. Dan masih ada banyak penelitian lain yang menunjukkan bahwa virus corona dapat menginfeksi hewan, termasuk harimau di Kebun Binatang Bronx di New York City.

Namun yang unik, penelitian terbaru membuktikan bahwa kucing lebih cepat sembuh dari infeksi Covid-19 daripada manusia. Sampel yang diuji oleh fakultas kedokteran hewan di Universitas Ilmu dan Teknologi Kehidupan Latvia menunjukkan beberapa kucing yang memiliki antibodi Covid-19.

Baca juga: Sah! Pemerintah Tetapkan Tarif Paling Mahal Tes Antigen Rp275 Ribu

Para peneliti telah menguji sampel lebih dari 130 kucing, termasuk di tempat penampungan dan hewan peliharaan milik orang yang telah terinfeksi Covid-19.

Sampel yang diuji menunjukkan beberapa kucing memiliki antibodi Covid-19, meskipun kucing belum dinyatakan positif terkena virus di Latvia. Dalam beberapa kasus, para peneliti menemukan radang saluran napas bagian atas kucing yang hidup dengan manusia, tetapi masih tidak mendeteksi virus, kata Kaspars Kovalenko, dekan program kedokteran hewan universitas, seperti dilansir dari Fox News.

Baca juga: Meski Corona, Event Tahun Baru Tak Dilarang di Bantul

“Kebanyakan infeksi ini sembuh sendiri, jadi selama 2-3 hari kucing menunjukkan gejala klinis dan kemudian hewan itu pulih dengan cepat,” katanya dikutip dari Fox News.

Selain pulih lebih cepat, kucing juga kemungkinan menyebarkan virus hanya sebentar dibandingkan dengan manusia, menurut laporan tersebut. Namun, belum dijelaskan lebih lanjut apa yang menyebabkan kucing bisa sembuh lebih cepat dari Covid-19.

Sumber : Suara.com