Jangan Takut Konsumsi Pil KB karena Manfaatnya Segudang

Ilustrasi pil KB. - shutterstock
21 Desember 2020 10:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu cara untuk mengendalikan kehamilan adalah dengan mengonsumsi pil KB. Namun ternyata ada beberapa manfaat lain dari pil KB yang bisa menyehatkan.

Melansir Suara.com--jaringan Harianjogja.com dari Hello Sehat, berikut beberapa manfaat kesehatan pil KB untuk kesehatan, antara lain:

1. Melancarkan Menstruasi

Selain mencegah kehamilan, pil KB bisa bermanfaat dalam melancarkan menstruasi Anda. Tak mengherankan bahwa dokter teradang akan memberikan pil KB pada orang yang menstruasinya tak lancar.

Menstruasi yang tak lancar biasanya disebabkan karena masalah horon. Dengan meminum pil KB, Anda bisa membantu menormalkan ketidakseimbangan hormon tersebut.

2. Mencegah Kram Perut dan Migrain saat Menstruasi

Kram perut dan migrain selama menstruasi biasanya disebabkan oleh hormon yang sedang tidak stabil.

"Namun, Anda bisa mencoba minum pil KB untuk membuat gejala haid tidak terlalu sakit dan tidak mengganggu aktivitas," catat Hello Sehat.

3. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat sering kali disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Dalam hal ini, Hello Sehat menunjukkan bahwa minum pil KB mungkin juga bisa membantu mengatasi jerawat.

"Bisa dibilang jerawat adalah musuh kaum perempuan, apalagi jika masuk masa PMS, maka tak hanya satu atau dua saja yang muncul di wajah," catat Hello Sehat.

"Maka itu, Anda bisa menggunakan pil KB untuk mengatasi masalah jerawat. Pil KB telah disetujui Food and Drugs Association (FDA) untuk untuk dijadikan sebagai salah satu pilihan obat jerawat," imbuh Hello Sehat.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pil KB tersebut, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter Anda.

4. Meringankan Gejala Endometriosis

Endometriosis sendiri merupakan gangguan yang terjadi akibat dinding rahim yang tumbuh dan menebal secara tidak normal. Gejala uang mungkin timbul adalaj kram perut, sakit di punggung belakang, dan menstruasi dengan banyak darah.

Untungnya, pil KB disebut bisa meringankan gejala dari gangguan ini.

5. Menurunkan Risiko Beberapa Jenis Kanker

Pil KB bisa disebut bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker, terutama kanker rahim dan ovarium. Hal ini diperkirakan karena pil KB mengurangi masa ovulasi yang berkaitan dengan penurunan risiko kanker ini.

Meskipun memiliki berbagai manfaat kesehatan, namin Anda perlu mengkonsultasikan penggunaan pil KB untuk efek non-kontrasepsi seperti di atas.

Sumber : suara.com