Advertisement

Yuk, Jaga Kesehatan Jantung dengan 5 Langkah Mudah Ini

Ika Fatma Ramadhansari
Selasa, 22 Desember 2020 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
Yuk, Jaga Kesehatan Jantung dengan 5 Langkah Mudah Ini Olah raga untuk kesehatan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Salah satu organ tubuh yang penting bagi manusia adalah jantung. Walaupun hanya berukuran sekepalan tangan, jantung berfungsi memompa dan menyebarkan darah dengan membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Pola hidup yang dijalani masyarakat modern tanpa disadari membahayakan kesehatan jantung. Gara-gara abai terhadap pola hidup sehat, jantung bisa tak berfungsi secara maksimal yang kemudian menjadi penyakit hingga menyebabkan kematian.

Advertisement

Baca juga: Stasiun Tugu Jogja Buka Layanan Swab Antigen

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Dikutip dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Senin (21/12/2020), berikut 5 tips efektif menjaga kesehatan jantung.

1. Olahraga Teratur
Berolahraga secara teratur yang membuat seluruh anggota badan Anda bergerak akan membantu jantung untuk tetap sehat. Anda bisa melakukan gerakan ringan, seperti senam ataupun jalan kaki.

Olahraga yang rutin akan membantu Anda dalam mengendalikan berat badan yang akan berefek pada kesehatan jantung.

2. Stop Merokok
Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada arteri paru-paru yang akan berimbas pada kurangnya suplai udara segar yang mengandung oksigen untuk disebarkan keseluruh tubuh.

3. Manfaat Teh Hijau
Teh hijau dapat mencegah kerusakan pada pembuluh darah karena mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Mengganti minuman favorit Anda menjadi teh hijau, bisa menjadi pilihan. Meminum dua cangkir teh hijau setiap hari tanpa menggunakan gula akan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

4. Relaksasi Tubuh
Hentikan sejenak rutinitas dan kondisikan tubuh Anda untuk rileks. Anda dapat melakukan olahraga seperti yoga maupun meditasi untuk menjaga kesehatan jantung.

5. Jangan Lupa Istirahat
Usahakanlah untuk memiliki tidur yang berkualitas. Tidur yang baik untuk tubuh manusia adalah delapan jam secara penuh dalam satu harinya.

Banyak penelitian yang menyebutkan kekurangan tidur pada malam hari akan mengakibatkan kerusakan pada jantung. Dengan memiliki tidur yang berkualitas tentu akan meminimalisir terjadinya resiko serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prediksi Cuaca Jogja dan Sekitarnya Kamis 25 April 2024: Hujan Lebat Sleman dan Gunungkidul

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 05:57 WIB

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement