Advertisement

Perut Berbunyi Tak Selalu Berarti Lapar, Ini Kemungkinan Penyebabnya

Newswire
Jum'at, 25 Desember 2020 - 20:47 WIB
Nina Atmasari
Perut Berbunyi Tak Selalu Berarti Lapar, Ini Kemungkinan Penyebabnya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-- Seringkali perut kita tiba-tiba mengeluarkan bunyi. Lapar dan sakit perut sering dianggap sebagai penyebabnya. Padahal menurut pakar, tidak cuma itu loh penyebabnya.

Apa saja? Dilansir Healthline, berikut sejumlah penyebab perut bunyi:

Advertisement

1. Pencernaan normal

Suara gemuruh dari dalam perut dapat menjadi tanda jika sistem pencernaan kita berjalan normal.

Suara tersebut terjadi ketika udara dan cairan di dalam usus bertemu. Usus akan bergerak dan berkontraksi sehingga menimbulkan suara.

2. Rasa lapar

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, ketika perut berbunyi pertanda jika dirinya sedang lapar. Perut yang kosong akan membuat suara dari dalam perut.

Suara bunyi ini terjadi karena kekuatan dan kecepatan kontraksi yang terjadi pada usus halus meningkat. Hal itu karena organ-organ sistem pencernaan kosong dalam waktu yang cukup lama.

3. Gangguan gastrointestinal

Suara pada perut juga bisa terjadi karena gangguan gastrointestinal. Gangguan ini merupakan sindrom iritasi pada usus besar. Biasanya menyebabkan beberapa gejala seperti kram perut, diare, dan kembung.

4. Intoleransi makanan

Suara dari dalam perut juga terjadi karena makanan yang tidak sesuai dengan sistem pencernaan kita. Hal ini biasanya menimbukan gas di dalam usus.

Biasanya intoleransi makanan ini terjadi dari makanan yang dikonsumsi tidak sesuai dengan kondisi sistem pencernaan saat itu.

5. Kesulitan bernapas

Rupanya kesulitan bernapas juga membuat suara pada perut. Hal ini karena sedikitnya oksigen yang masuk ke dalam darah sehingga terpengaruhnya sistem pencernaan pada tubuh.

6. Penyumbatan usus

Suara yang keras dapat terjadi karena penyumbatan pada usus. Hal ini membuat makanan yang dikonsumsi tidak dapat bergerak bebas di dalam usus sehingga membuat suara dari dalam perut.

Saat mengalami penyumbatan usus biasanya diikuti dengan gejala seperti sakit pada bagian perut, muntah, merasa kenyang, perut yang bengkak, serta tidak bisa buang angin dan buang air besar (BAB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

2 Pesawat Penerbangan Sipil Ini Langsung Putar Haluan Hindari Serangan Israel ke Iran

News
| Jum'at, 19 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement