Advertisement

Hati-hati Pilih Alat Masak, Bisa Pengaruhi Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 31 Desember 2020 - 04:17 WIB
Maya Herawati
Hati-hati Pilih Alat Masak, Bisa Pengaruhi Kesehatan Alat masak

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Kesehatan merupakan harta yang paling berharga dalam hidup. Salah satu cara untuk menjaganya adalah memilih perangkat alat masak yang tepat.

Sebanyak 80 persen ibu rumah tangga tidak menyadari atau peduli terhadap kualitas alat masak yang digunakan dan berpengaruh terhadap kesehatan.

Advertisement

Padahal banyak gangguan kesehatan diakibatkan oleh pemakaian alat masak yang bahannya tidak memenuhi standar kesehatan, terlebih susah untuk di bersihkan, tidak tahan lama hingga masakan tidak matang sempurna.

Dilansir dari brightside.me, alat masak itu harus menghindari lapisan PTFE (polytetrafluoroethylene), yang merupakan polimer plastik yang mulai melepaskan racun saat dipanaskan di atas 572 derajat Fahrenheit.

Asap beracun ini menyebabkan gejala mirip flu yang disebut demam asap polimer. Mereka tidak hanya berbahaya bagi manusia, tapi juga fatal bagi burung peliharaan, seperti burung beo.

Senyawa kimia lain yang harus dihindari dari pemilihan alat masak adalah PFOA (asam perfluorooctanoic), yang telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, prostat, dan ovarium.

Peralatan masak antilengket berlapis yang mungkin bebas PTFE dan PFOA (seperti granit), aman digunakan jika lapisannya utuh. Lapisannya biasanya tipis dan mudah pecah. Setelah terkelupas, semua penggunaan peralatan masak itu harus dihentikan segera setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Bus Terjun dari Jembatan kemudian Terbakar, 45 Orang Dilaporkan Tewas

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement