Advertisement

2021 Mau Nikah? Simak 5 Tips Jaga Kesuburan

Maria Elena
Sabtu, 02 Januari 2021 - 14:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
2021 Mau Nikah? Simak 5 Tips Jaga Kesuburan Ilustrasi - Express.co.uk

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Mengubah kebiasaan gaya hidup dan menjaga kesehatan menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah kesuburan. 

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Reproductive Biology Endocrinology, infertilitas mempengaruhi sekitar 15 persen wanita. Angka ini tentunya mengkhawatirkan.

Advertisement

Namun, jika mengubah gaya hidup dan menjaga kesehatan, kemungkinan hamil akan bisa meningkat. Melansir Indiatimes.com, berikut lima tips mudah yang akan meningkatkan peluang Anda untuk hamil.

1. Menjaga berat badan.

Pasalnya, berat badan memiliki pengaruh yang sangat besar jika berbicara tentang kesuburan. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau  kekurangan berat badan, hormon Anda bisa kehilangan keseimbangan, sehingga sulit untuk hamil.

Selain itu, berat badan juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi yang menyebabkan kurangnya ovulasi atau tidak ada ovulasi sama sekali.

Jadi, untuk meningkatkan kesuburan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga berat badan. Cobalah untuk menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan atau tambahlah berat badan jika kekurangan berat badan.

2. Periksa kadar zat besi.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang dapat memengaruhi peluang untuk hamil. Untuk menghindari masalah seperti itu, pastikan untuk memeriksakan kadar zat besi sebelum Anda mulai merencanakan untuk berkeluarga.

Kadar zat besi yang cukup dalam aliran darah dapat menurunkan risiko infertilitas ovulasi.

3. Jangan mengkonsumsi alkohol dan rokok.

Merokok tidak hanya mempengaruhi paru-paru, tetapi juga kesuburan Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Society for Reproductive Medicine, ditemukan bahwa bahan kimia yang ditemukan dalam asap rokok dapat meningkatkan laju kehilangan sel telur wanita.

Penelitian lain menemukan bahwa wanita yang minum terlalu banyak alkohol mengalami lebih banyak masalah kesuburan.

4. Kurangi stres.

Stres dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, sehingga mempengaruhi hormon reproduksi dan kesuburan Anda.

5. Cobalah suplemen vitamin prenatal.

Suplementasi vitamin prenatal dapat membantu Anda menjaga kesuburan. Suplemen ini mengandung asam folat dan vitamin lain yang mencegah cacat lahir dan komplikasi lainnya. Tetapi konsultasikan dengan ginekolog sebelum mengambil suplemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement