Minumlah Susu Sebelum Tidur dan Dapatkan 10 Manfaatnya

Ilustrasi. - Freepik
05 Januari 2021 21:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Susu baik dikonsumsi sebelum tidur. Hal ini disebabkan oleh kandungan tritofan pada susu dan produk susu. Tritofan adalah asam amino yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Triptofan memiliki efek menenangkan dan sedatif yang pada gilirannya dapat menyebabkan tidur. Susu juga mengandung melatonin, hormon yang berfungsi sebagai neurotransmitter dan membantu mengatur pola tidur dan bangun.

Selain itu protein spesifik yang terkandung dalam susu seharusnya memicu reseptor GABA di otak yang membantu mengurangi kecemasan dan stres sehingga memicu tidur.

Dilansir dari parenting.firstcry.com, di bawah ini terdapat beberapa manfaat mengonsumsi susu sebelum tidur bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain:

1. Membantu tidur dengan baik

Meminum susu sebelum tidur, sangat berguna untuk meningkatkan kualitas tidur. Susu memiliki triptofan dan peptida bioaktif yang dapat memengaruhi pola tidur secara positif.

Selain itu, susu juga sangat baik untuk orang yang mengalami stres. Susu akan memberikan relaksasi sehingga membuat tidur menjadi lebih tenang.

2. Membantu penurunan berat badan

Sering kali dikatakan jika mengonsumsi susu akan menambah berat badan. Rupanya, selain menambah, susu bisa juga untuk membantu untuk menurunkan berat badan.

Meminum susu saat malam akan membuat kenyang sehingga tubuh tidak akan terbangun saat malam karena lapar. Hal itu akan membantu untuk mengurangi mengonsumsi camilan saat malam hari.

3. Membentuk tulang yang sehat

Susu mengandung vitamin D yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk penyerapan kalsium pada tubuh untuk pembentukan tulang. Selain itu, vitamin D juga dapat mengimbangi terjadinya dan kerusakan yang disebabkan oleh banyak penyakit seperti osteoporosis, jantung, dan diabetes.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Susu mengandung vitamin B12 yang dapat membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit dan kolagen yang membuatnya tampak cerah.

Selain itu, vitamin A yang terdapat pada kulit juga membantu pembentukan sel baru yang melawan berbagai penyakit kulit. Oleh karena itu, susu sangat baik bagi kesehatan kulit.

5. Memberikan energi

Mengonsumsi susu pada malam hari akan memberikan energi pada seseorang saat bangun dari tidur. Hal ini karena susu membantu memberikan energi kepada seseorang yang mengonsumsinya. Oleh karena itu, saat mengonsumsi susu pada malam hari akan memberikan energi pada keesokan harinya.

6. Mengurangi stres

Protein, Lactium yang ditemukan dalam susu dapat menghasilkan pengaruh yang menenangkan pada tubuh dengan mengurangi tekanan darah, mengendurkan otot dan menurunkan kadar kortisol, hormon yang dilepaskan oleh tubuh saat sedang stres.

Selain itu, lactium juga dapat memengaruhi reseptor otak, hal ini sangat membantu mengendalikan stres dan kecemasan.

7. Mengontrol kolestrol

Susu mengandung protein yang berguna untuk menurunkan kolestrol jahat (LDL) serta menambah kolestrol baik (HDL). Di samping itu, susu kaya akan vitamin A,D dan kaslum yang memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung.

8. Baik bagi pencernaan

Salah satu manfaat mengonsumsi susu yaitu baik untuk pencernaan. Susu ketika dicampurkan dengan madu, akan memelihara bakteri baik serta menghilangkan bakteri jahat yang menjadi penyebab penyakit di usus.

9. Meredakan gejala pilek dan batuk

Saat mengalami batuk dan pilek, susu dapat menjadi obat untuk mengatasinya. Cukup mencampurkan susu dengan sedikit kunyit akan meredakan gejala pilek dan batuk. Hal ini karena sifat antioksidan dan antibakteri dari susu kunyit dapat mempercepat proses pemulihan.

10. Mengatasi gangguan pada usus

Selain baik untuk proses pencernaan, meminum susu sata malam hari dapat meredakan keasaman pada usus serta mencegah masalah pertu seperti sembelit, perut kembung.

Asam laktat yang terdapat dalam susu dapat membantu menetralkan penumpukan keasaman di usus. Selain itu, kandungan kalsium susu dapat berfungsi untuk menyerap kelebihan asam yang diproduksi di perut.

Sumber : Suara.com