Suka Lalap Mentimun, Ternyata Banyak Manfaatnya

Ilustrasi. - Freepik
06 Januari 2021 18:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Mengonsumsi mentimun ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jangan anggap sepele mentimun. Meski sering dijadikan lalapan pendamping buat sambal, atau pelengkap di dalam salad, mentimun punya manfaat kesehatan yang luar biasa, lho. Tak heran kalau para ahli menyarankan untuk mengonsumsi mentimun setiap hari secara teratur. lalu, apa saja manfaat kesehatan mentimun untuk kesehatan? Yuk simak faktanya di bawah ini, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (6/1/2021).

1. Tubuh terhidrasi
Agar tubuh mendapat cairan yang cukup, para ahli menyarankan kita untuk minum 8 hingga 10 gelar air per hari. Dan konsumsi mentimun ternyata bisa jadi solusi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, lho. Hal ini karena kandungan mentimun 96 persen di antaranya terdiri dari air, sehingga membantu tubuh terhidrasi. Saat Anda lelah, selain minum air, mentimun juga bisa jadi alternatif sebagai camilan, lho.

2. Membantu menurunkan berat badan
Mentimun sangat mudah dicerna. Selain itu, mentimun juga rendah kalori dan mengandung serat yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan mentimun sebagai makanan yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

3. Mengurangi pegal dan nyeri sendi
Nyeri badan dan otot bisa dibantu diatasi dengan mengonsumsi mentimun. Ini karena mentimun bisa jadi obat alami sakit kronis seperti arthritis atau radang sendi. Penelitian juga menemukan jika mentimun punya efek pendingin yang dapat mencegah dan mengontrol inflamasi, yang nantinya akan menghasilkan enzim untuk mengurangi rasa sakit.

4. Mengontrol kolesterol
Keunggulan lain mentimun adalah kandungan pektin, yakni serat alami yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan menghilangkan racun yang akhirnya membuat jantung sehat. Lebih banyak mengonsumsi timun akan ampuh mengatur ROC dan ROS, yakni sejenis sel yang merusak, yang membuat gula darah menjadi tinggi.

5. Membuang racun
Saat Anda mengonsumi lebih banyak mentimun, maka buang air besar menjadi lebih lancar. Dengan cara ini, racun pun jadi lebih mudah keluar, termasuk bakteri jahat yang ada dalam tubuh, sehingga bakteri baik lebih mendominasi dalam pencernaan.

Sumber : Suara.com