Wow, Ini 6 Manfaat Ajaib Soda Kue selain untuk Baking

Soda kue
08 Januari 2021 04:37 WIB Desyinta Nuraini Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Selama ini baking soda dikenal sebagai pengembang dalam adonan kue. Tapi tahukah Anda bahwa soda kue atau soda bikarbonat adalah salah satu produk pembersih paling serbaguna yang pernah ada.

Soda kue dan soda bikarbonat keduanya adalah NaHCO3. Ini adalah garam yang terbuat dari natrium kation dan bikarbonat anion yang dapat menjadi pembersih multiguna. Soda kue sangat bagus dalam menghilangkan bau dan noda.

Mengutip Express UK, Kamis (7/1/2021), berikut enam hal tidak biasa yang dapat Anda bersihkan dengan soda kue :

1. Noda di benda yang terbuat dari perak

Perak cepat luntur jika Anda tidak sering memakainya, tetapi soda kue akan menghidupkan kembali perhiasan perak atau alat makan yang sudah usang.

Tambahkan beberapa kertas timah ke nampan kue dan taruh barang perak Anda di atasnya, pastikan mereka menyentuh kertas timah.

Taburkan sekitar seperempat bak kecil soda kue ke perak, lalu tutupi dengan air mendidih.

Tunggu hingga noda mulai hilang lalu poles dan keringkan perak Anda dengan kain bersih dan lembut.

2. Panci dan wajan

Kita semua kadang-kadang mengalami kecelakaan di dapur dan beberapa panci akhirnya terbakar.

Saat makanan gosong, sangat sulit untuk mengeluarkannya dari wajan, tetapi soda kue akan membantu.

Rendam wajan yang terbakar dalam soda kue dan air hangat selama sekitar setengah jam. Setelah ini, makanan akan mudah diangkat dari wajan dan Anda bisa membersihkannya.

3. Teko kopi

Kopi terkenal karena meninggalkan noda cokelat saat tumpah ke pakaian atau furnitur, dan bahkan menodai gigi putih Anda.

Begitu pula teko kopi yang akan menjadi ternoda seiring waktu dan kebanyakan orang berpikir tidak ada yang dapat diperbaiki.

Soda kue dapat menghilangkan noda ini, dan yang perlu Anda lakukan hanyalah menuangkan sekitar seperempat sendok ke dalam teko kopi lalu mengisinya dengan air hangat.

Biarkan selama beberapa jam lalu gosok untuk menghilangkan noda membandel. Ini juga akan menghilangkan bau apa pun dan mencegah rasa aneh saat Anda menyeduh kopi lagi.

4. Tirai kamar mandi

Tirai kamar mandi sangat kotor dan sering tertutup kuman, produk lama, dan bahkan jamur.

Langkah pertama untuk membersihkan tirai kamar mandi adalah melepas cincinnya dan memasukkannya ke dalam mesin cuci dengan air panas. Anda bahkan dapat menambahkan kristal cuka atau soda ke mesin untuk benar-benar menghilangkan bau dan menghilangkan bakteri dan jamur.

Setelah ini selesai, Anda dapat membiarkan tirai kamar mandi Anda mengering secara alami. Jika cuaca cerah, biarkan kering di bawah sinar matahari untuk keperluan pemutihan.

Kemudian, jika Anda melihat jamur atau bekas jamur di tirai, Anda bisa mengobatinya dengan sedikit soda kue. Buat soda kue menjadi pasta dengan air dan oleskan ke area yang terkena.

Bilas dengan kain lembab dan biarkan mengering sekali lagi sebelum memasang tirai kembali.

5. Baki kotoran

Baki kotoran kucing dikenal bau dan tidak sedap, tetapi soda kue bisa menyortirnya.

Untuk menghilangkan bau yang berasal dari baki, tutupi bagian bawah baki dengan soda kue sebelum Anda mengisinya dengan kotoran kucing.

Setiap kali Anda mengosongkan baki, gunakan trik ini untuk menghilangkan bau selamanya.

Anda juga dapat menggunakan trik ini di tempat sampah rumah tangga saat membuang sampah bekas.

6. Sikat rambut

Tahukah Anda bahwa Anda perlu membersihkan sikat rambut?

Sikat rambut penuh dengan minyak dan kotoran. Setiap beberapa minggu Anda harus membuang rambut pada sikat lalu membersihkan sikat dengan soda kue.

Isi wastafel dengan air hangat dan seperempat bak soda kue, lalu rendam sikat.

Biarkan selama satu jam lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

Sumber : bisnis.com