Mudah kok, Begini Cara Mencegah Morning Sickness pada Ibu Hamil

Ilustrasi. - Freepik
09 Januari 2021 11:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebagian ibu hamil ada yang mengalami morning sickness yakni gejala umum kehamilan yang ditandai dengan mual dan sesekali muntah pada pagi hari. Tetapi bukan tidak mungkin bumil juga bisa mengalami mual dan muntah saat siang, sore, atau malam hari.

Terlepas dari namanya, gejala tersebut tentu dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi bumil. Morning sickness biasanya terjadi dalam empat bulan pertama kehamilan dan seringkali menjadi tanda pertama perempuan hamil.

Gejala morning sickness pada perempuan juga sangat bervariasi. Salah satu penyebab paling umum karena dipengaruhi peningkatan kadar hormon selama beberapa minggu pertama kehamilan, juga penurunan gula darah.

Faktor lain bisa memperburuk mual di pagi hari seperti memiliki anak kembar, kelelahan yang berlebihan, stres, dan sering bepergian.

Walau begitu, morning sickness juga bisa dicegah atau paling tidak diminimalisir agar tidak mengganggu kesehatan ibu hamil. Dikutip dari Healthline, berikut hal yang bisa dilakukan untuk mencegah morning sickness;

1. Minum air mineral sebelum dan sesudah makan
2. Tidur siang
3. Buka ventilasi rumah dan ruang kerja untuk menghilangkan aroma yang membuat mual
4. Hindari makanan pedas
5. Makan dalam porsi kecil
6. Hindari makanan berlemak
7. Minum vitamin di malam hari
8. Hindari asap rokok

Jika sudah melakukan seluruhnya, tapi tidak ada tindakan pencegahan yang berhasil, atau mual di pagi hari maaih terjadi setelah 3 hingga 4 bulan pertama kehamilan, disarankan untuk berbicara dengan dokter.

Juga, pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan apa pun atau pengobatan alternatif untuk mendiskusikan opsi ini.

Sumber : suara.com