Mata Panda Bikin Wajah Terlihat Pucat, Ini 6 Cara Mengatasinya

Ilustrasi. - Freepik
14 Januari 2021 18:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Banyak perempuan sering bermasalah dengan area hitam di bawah mata atau yang kerap disebut sebagai mata panda. Masalah visual tersebut kerap diasosiasikan dengan lelah dan kebiasaan kurang tidur.

Karena itu, selain perlu memperoleh tidur yang cukup, terdapat beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan masalah mata panda.

Berikut ini enam cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan mata panda seperti yang telah dikutip dari Cutislaserclinics.

1. Atur posisi tidur
Rupanya, selain kurang tidur, posisi juga dapat menjadi penyebab mata panda. Hal ini terjadi karena posisi tidur dapat menyebabkan cairan menumpuk di sekitar mata. Oleh karena itu, posisi idur dapat diperhatikan untuk mencegah munculnya mata panda. Bisa juga untuk meletakan bantal ekstra di bawah kepala agar cairan tidak menggenang di bawah kulit.

2. Kurangi garam
Mengonsumsi garam dapat membuat area mata menjadi hitam. Hal ini karena area di bawah mata dapat menahan air. Sebab terlalu banyak mengonsumsi natrium akan membuat air menggenang dan membuat mata menjadi hitam. Oleh karena itu, mengurangi konsumsi gara dapat mencegah dan menghilangkan mata panda.

3. Kelola alergi
Alergi dapat menyebabkan mata menjadi bengkak dan berair. Hal ini biasanya akan menyebabkan warna hitam di sekitar area mata. Untuk itu, disarankan berkonsultasi dengan dokter apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi tersebut. Bisa juga menggunakan minyak esensial untuk meredaka alergi tersebut.

4. Harus riasan sebelum tidur
Penggunaan riasan (make up) dapat menyebabkan mata berair dan bengkak keesokan harinya. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam riasan menahan air sehingga mata menjadi hitam.

Oleh karena itu, saat menggunakan riasan disarankan untuk menghapusnya sebelum tidur terutama pada bagian mata. Selain itu, riasan pada wajah dapat menyebabkan berbagai masalah lain seperti jerawat.

5. Gunakan produk perawatan mata
Menggunakan produk perawatan mata akan membantu menghilangkan mata panda. Biasanya terdapat serum yang berisi vitamin untuk menutrisi kulit sehingga dapat mengurangi bengkak dan warna hitam pada mata.

Selain itu, saat ini juga terdapat masker mata yang dapat menghilangkan warna hitam serta membuat mata menjadi lebih segar.

6. Hentikan kebiasaan buruk
Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol dapat berdampak pada kulit, salah satunya mata. Dengan merokok dapat membuat kulit lemah dan menyebabkan penuaan dini.

Selain itu, bahan kimia juga dapat mengiiritasi area mata yang sensitif. Sedangkan, alkohol dapat membuat kulit kering sehingga tampak lebih gelap. Untuk itu, usahakan menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol sehingga mata panda berkurang.

Sumber : Suara.com