Advertisement

Merasa Lelah Sepanjang Hari Padahal Tidak Banyak Aktivitas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Newswire
Selasa, 19 Januari 2021 - 16:37 WIB
Nina Atmasari
Merasa Lelah Sepanjang Hari Padahal Tidak Banyak Aktivitas, Bisa Jadi Ini Penyebabnya Ilustrasi. - Reuters

Advertisement


Harianjogja.com, JAKARTA- Seringkali seseorang merasa lelah sepanjang hari. Padahal, ia tidak banyak melakukan aktivitas.

Tenang, hal ini ternyata sering dialami banyak orang. Merasa lelah tanpa sebab sepanjang hari padahal tidak melakukan aktivitas berat, kira-kira apa penyebabnya? Dilansir dari Boldsky, 5 hal ini bisa jadi penyebabnya.

Advertisement

1. Kurang gerak
Pola hidup kurang gerak atau sedentary lifestyle dialami banyak orang, khususnya di masa pandemi Covid-19. Kurang gerak ini jadi salah penyebab seseorang merasa lelah sepanjang hari.

Solusinya, Anda harus melakoni gaya hidup aktif yang bisa mengurangi rasa lelah, sehingga energi kembali bangkit.

2. Stres
Stres adalah kondisi normal yang dialami setiap orang. Jika sudah masuk kelelahan kronis, maka ini akan berdampak pada tingkat energi Anda.

Meski tidak mungkin Anda lepas dari stres, tapi stres bisa dikurangi dan diredakan seperti dengan cara melakukan yoga atau meditasi.

3. Depresi
Bersamaan dengan rasa lelah, ditambah Anda sulit tidur, merasa putus asa, belum bisa beranjak dari masa lalu, tidak ingin bersosialisasi, dan membatasi diri dengan orang lain, itu menandakan bahwa Anda mengalami depresi.

Pastikan Anda mendapatkan bantuan pakar seperti psikiater, atau berbicara dari hati ke hati dengan orang yang Anda sayangi untuk curhat.

4. Kurang minum
Tercukupinya cairan tubuh sangat penting untuk kesehatan Anda. Saat Anda kekurangan asupan cairan, maka fungsi tubuh Anda akan terganggu, lalu rasa lelah dan letih akan melanda Anda sepanjang hari.

5. Kurang tidur
Cukup tidur menandakan Anda menjalani pola hidup yang sehat. Kekurangan tidur berkaitan erat dengan kebiasaan buruk, gangguan pola makan, dan kurang olahraga yang menyebabkan berbagai penyakit.

Termasuk kurang tidur juga bisa memicu rasa lelah sepanjang hari. Minimal dalam sehari setiap orang membutuhkan tidur selama 6 jam sehari, untuk kesehatan otak dan tubuh energik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement