Kapan Waktu yang Tepat untuk Mulai Perawatan Kulit Wajah?

Ilustrasi. - Freepik
24 Januari 2021 19:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Sebagian orang baru datang ke klinik kecantikan ketika masalah kesehatan kulit sudah tidak terkontrol. Apakah ini tepat?

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Dr. dr. Raendi Rayendra Sp.KK., M.Kes, perawatan kulit dimulai sedini mungkin, tanpa perlu menunggu munculnya masalah kesehatan.

"Sebetulnya kalau untuk kulit enggak perlu muncul masalah. Karena kulit baik-baik pun butuh perawatan, jadi jangan nunggu sakit, jangan nunggu rusak. Tapi kalau batasannya, sebatas individu sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi mukanya," ujarnya ditemui di kliniknya, Rayendra Dermayology & Aesthetic Center, Bintaro, Tangerang, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Vaksin Covid-19 Moderna Diklaim Tak Menimbulkan Alergi

Ketika baru pertama kali melakukan perawatan wajah di klinik, sebenarnya tidak terlalu penting pemberian krim oles atau treatment lainnya. Dokter Raendi menjelaskan bahwa prinsipnya, merawat kesehatan kulit dimulai dengan menjaga kebersihan.

"Perawatan dasar itu pasti kebersihan. Bisa menggunakan sabun, bisa menggunakan tisu pembersih, misellar water, itu bisa. Pokoknya prinsipnya nomor satu kebersihan. Jadi dari luar dulu pengobatannya, enggak harus dimasukin apa pun, diolesin sana sini, belum tentu penting," ucapnya.

Ia menyarankan agar membersihkan wajah minimal dua kali dalam sehari yakni pagi dan malam sebelum tidur. Khusus khusus bermasalah seperti berjerawat, sebaiknya bersihkan wajah hkngga tiga kali sehari, pagi, siang, dan malam.

Baca juga: Madinah Termasuk Kota Tersehat

Setelah kulit dibersihkan, langkah selanjutnya dengan memberikan pelembab. Ia menyampaikan, pelembab tetap penting baik untuk kulit kering maupun berminyak. Setelah itu, dilanjutkan dengan sunscreen setiap pagi.

"Juga saran saya tetap pakai krim malam atau krim yang memiliki sifat eksfoliatif ringan," katanya.

Jika muncul masalah kulit apa pun, misalnya berjerawat atau flek, Raendi mengingatkan jangan menunda untuk datang ke dokter kulit. Karena berpotensi makin buruk dan sulit diatasi.

"Jadi kalau flek baru sedikit, saran saya segera obati. Karena kalau dibiarkan nanti produksi kolagen meningkat akhirnya jadi flek yang tebal dan dalam. Nanti ada jerawat, kita enggak tahan pencet-penceh akhirnya jadi bopeng-bopeng. Kalau sudah bopeng susah memperbaikinya, mahal, dan sakit," ucapnya.

Sumber : Suara.com