Pakai Krim Wajah atau Minum Suplemen Kolagen, Mana yang Paling Efektif Cegah Penuaan Dini?

Ilustrasi. - Freepik
25 Januari 2021 08:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Penuaan dini acap kali dialami setiap orang lantaran tak tepatnya pilihan perawatan kulit dan wajah.

Mencegah penuaan dini bisa dilakukan dengan dua cara, konsumsi suplemen kolagen atau krim oles. Mana yang lebih baik?

Menurut dokter, kedua cara itu ternyata memiliki efektivitas yang berbeda.

"Sebenarnya kolagen yang dari luar kurang efektif. Karena kolagen ini ada di lapisan kulit lebih dalam, di dermis. Jadi kalau pakai tropikal, oles-oles itu enggak cukup," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Dr. dr. Raendi Rayendra Sk.KK., M.Kes ditemui di kliniknya, Rayendra Dermayology & Aesthetic Center, Bintaro, Tangerang, Sabtu (23/1/2021).

Ia menjelaskan bahwa kolagen memiliki berat molekul yang besar. Sehingga tidak bisa menembus pori-pori kulit jika dipakaikan krim oles. Memang hasilnya bisa membuat kulit terlihat lembab, tetapi masih kalah efektif untuk mencegah penuaan dibandingkan dengan suplemen kolagen.

"Kalau terbaik tetap dari dalam dan dalam jumlah besar. Karena dia adanya di lapisan dalam dan sampai sekarang kolagen belum ada yang dalam bentuk kecil. Karena mungkin kalau dibuat nano dia gak bisa masuk ke dalam," jelasnya.

Konsumsi suplemen kolagen untuk satu orang bisa membutuhkan 10 ribu sampai 12 ribu unit. Sedangkan obat kolagen yang dijual rata-rata hanya 1.000-2.000 unit per dosis.

"Jadi kalau sehari kita bisa minum sampai 5 botol, jadi kebutuhan bisa sampai 10 ribu-12 ribu unit per hari," katanya.

Sedangkan jika dari asupan makanan, dokter Raendi mengatakan, kolagen paling banyak terdapat di tulang sapi.

"Kalau makanan lain ada tapi kecil-kecil, enggak cukup dosisnya. Jadi tetap harus dari industri (obat)," ujarnya.

Sumber : Suara.com