Advertisement

Kenali Ragam Gejala Covid-19 pada Lidah

Mia Chitra Dinisari
Senin, 25 Januari 2021 - 09:27 WIB
Bhekti Suryani
Kenali Ragam Gejala Covid-19 pada Lidah Lidah - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Covid-19 Tongue atau kondisi lidah seseorang yang tidak biasa dapat dijadikan gejala resmi virus corona, demikian menurut otoritas kesehatan Inggris, NHS.

Profesor Tim Spector, seorang ahli epidemiologi di King's College London (KCL) dan yang menjalankan Aplikasi Studi Gejala Covid ZOE, memperingatkan bahwa dia melihat peningkatan jumlah orang dengan gejala Covid-19 pada lidah.

Advertisement

Tim Profesor Spector termasuk yang pertama menemukan anosmia, hilangnya rasa dan bau, bisa menjadi indikator gejala virus corona.

“Satu dari lima orang dengan Covid masih merasakan gejala yang kurang umum yang tidak masuk dalam daftar resmi PHE [Kesehatan Masyarakat Inggris] seperti ruam kulit, kondisi lidah yang berbeda, dan sariawan yang aneh.” ujarnya dilansir dari Express.

"Tiga puluh lima persen orang memiliki gejala non-klasik dalam tiga hari pertama saat paling infektif." tambahnya.

Covid-19 Tongue adalah adanya perubahan pada lidah, dengan beberapa orang melaporkan adanya benjolan kecil di mulut mereka, tetapi gejalanya secara keseluruhan belum diketahui.

Kondisi ini juga bisa termasuk lidah bengkak, sariawan yang tidak biasa dan benjolan kecil berwarna merah atau putih.

Profesor Spector mendesak orang-orang untuk men-tweet gambar lidah Covid mereka kepadanya dalam upaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang seperti apa gejala itu di antara orang yang berbeda.

Dia mengatakan mereka membutuhkan lebih banyak analisis sebelum dapat memberikan beberapa angka tentang seberapa umum itu dan seberapa prediktif itu dari Covid.

"Sampai saat itu, gejala lidah yang tidak biasa cenderung menunjukkan Covid," ujarnya.

Profesor Spector telah berulang kali menyerukan kepada NHS untuk memperluas daftar gejala untuk mengurangi risiko orang Inggris harus mengisolasi diri.

?Analisis catatan rumah sakit NHS menunjukkan batuk, demam dan sesak napas adalah tiga gejala yang paling umum, dengan tujuh dari 10 pasien menderita setidaknya satu dari tiga gejala tersebut.

Tetapi hingga sepertiga dari pasien juga mengalami masalah pernapasan, sakit perut dan gejala muskuloskeletal, termasuk nyeri otot dan sendi, serta kelelahan.

Namun, meski gejalanya bisa menjadi indikasi Covid-19, mereka juga mewakili berbagai penyakit lain.

Juru bicara British Dental Association Profesor Damian Walmsley mengatakan bercak di lidah seringkali hanya merupakan indikasi bahwa seseorang sedang lesu dan sistem kekebalan mereka tidak dalam kondisi terbaiknya.

"Itu juga bisa terjadi pada mereka yang telah menggunakan antibiotik, atau menggunakan inhaler asma."

Namun, bercak putih tunggal di lidah "bisa sedikit lebih mengkhawatirkan" menurut Profesor karena ada kemungkinan kecil itu bisa mengindikasikan kanker mulut.

Bercak putih atau benjolan merah yang sudah ada di sana selama lebih dari tiga minggu harus diperiksa sesegera mungkin oleh dokter umum atau dokter gigi Anda, kata pakar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemda DIY Sebut Sepanjang Ruas Jalan Godean Didominasi Kerusakan

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement