Untuk Pemula, Ini Tips Menjadi Pembawa Acara yang Baik

Foto ilustrasi: Nia Ramadhani dan Raffi Ahmad saat menjadi MC TikTok Awards Indonesia. - Ist/ tangkapan layar YouTube
03 Februari 2021 12:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Melakukan peran sebagai seorang pembawa acara atau Master of Ceremony ( MC ) itu disebut susah-susah gampang.

Nyatanya, menjadi MC dan tidak cukup modal penampilan saja. Pembawa Acara dituntut serba bisa dalam membawakan sebuah acara. Bagi kamu yang baru saja belajar menjadi MC, jangan takut salah. Karena segala sesuatunya tentu dimulai dari proses yang namanya belajar.

Apalagi baru-baru ini artis Nia Ramadhani dikritik karena dianggap tidak handal menjadi host dalam acara TikTok Award. Nah agar kejadian serupa tidak menimpa Anda, simak tips jadi MC atau pembawa acara yang baik berikut ini.

1. Percaya Diri

Percaya diri sangat penting dan paling dibutuhkan ketika berhadapan di depan orang banyak saat membawakan acara. Jadi, yakinlah pada kemampuanmu bahwa kamu bisa dan mampu membawakan acara dari awal hingga akhir.

Pastikan kamu mengikuti apa kata panitia acara dan berusahalah bersikap profesional. Apapun yang terjadi, kamu harus tetap fokus.

2. Menguasai Acara

Sebelum hari H, pastikan kamu sudah tahu jenis acara yang akan kamu bawakan, mulai dari waktu, tempat, jenis acara, hingga tamu yang datang. Dengan begitu, kamu sudah ada bayangan acara tersebut akan kamu bawakan seperti apa nantinya.

3. Bersikap Tenang dan Tersenyum

Apapun yang terjadi dengan acara yang sedang kamu bawakan, tetaplah bersikap tenang. Selain itu, dalam membawakan acara kamu juga harus terlihat ramah, dan memberikan senyuman.

4. Memakai Kostum yang Tepat

Untuk menjadi seorang Pembawa Acara, kamu harus berpenampilan sebaik dan semenarik mungkin.

Pastikan kamu sudah benar-benar mengetahui jenis acara yang akan dibawakan, supaya tidak salah kostum. Karena kostum menjadi salah satu poin penting, dan sangat mendukung kamu sebagai Pembawa Acara.

Selain keempat tips menjadi Pembawa Acara atau MC di atas, jangan lupa untuk berdoa. Jadikan doa sebagai senjata terbaik kamu sebelum membawakan sebuah acara.

Teruslah belajar untuk mengasah kemampuan dan mengevaluasi setiap acara yang sudah dibawakan, untuk mengetahui apa saja yang kurang. Selamat mencoba tips di atas, dan semoga berhasil tampil sebagai Pembawa Acara atau MC yang baik!

Sumber : Suara.com