Mau Lakukan Perjalanan Jarak Jauh? Jangan Lewatkan Hal-Hal Penting Ini ya!

Ilustrasi traveling - Reuters
03 Februari 2021 21:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sebelum melakukan perjalanan yang cukup jauh, Anda harus melakukan persiapan yang matang. Apalagi, di tengah pandemi seperti sekarang.

Sayangnya, banyak orang yang mengesampingkan hal ini. Akibatnya jelas, banyak hal terlupa, tercecer, hingga ada saja yang tertinggal dan tak terbawa.

Oleh karena itu, berikut hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalannya seperti yang dikutip dari Aerobusbcn, melansir Suara.com--jaringan Harianjogja.com:

1. Periksa dokumen

Dokumen adalah hal penting saat ingin melakukan perjalanan. dokumen ini biasanya terdiri dari kartu identitas (KTP), surat-surat yang dibutuhkan, dan Paspor saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Untuk Paspor sendiri, harus dicek tanggal kedaluwarsa sebelum berangkat. Pastikan tanggal juga sampai perjalanan berakhir.

2. Pastikan cukup uang selama perjalanan berlangsung

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan uang yang akan dibawa cukup selama perjalanan. Hal ini juga sudah dipikirkan saat sampai ditujuan apa saja yang akan dilakukan. Lokasi mana saja yang akan dikunjungi,, serta barang apa yang akan dibeli. Hal itu akan membantu menentukan berapa jumlah uang yang akan dihabiskan selama perjalanan.

3. Periksa barang bawaan dua kali

Hobi Traveling? Ini Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Lakukan Perjalanan - 3
Memeriksa barang bawaan dua kali adalah hal penting untuk memastikan tidak ada yang tertinggal. Selain itu, melihat barang bawaan juga bisa bisa menentukan berapa banyak tas yang akan dibawa selama perjalan. Barang bawaan ini tidak hanya pakaian yang akan dipakai, tetapi peralatan pribadi dan elektronik yang dibutuhkan selama perjalanan.

4. Cari informasi mengenai lokasi

Sebelum melakukan perjalan, cari tahu mengenai informasi, apa saja kendaraan yang tersedia dari bandara atau stasiun tujuan. Selain itu, cari tempat untuk menginap setelah sampai di tujuan. Hal itu harus sudah dipersiapkan sehingga semua terencana dengan baik. Membuat rencana juga akan membantu meminimalisasi waktu yang digunakan selama perjalanan.

5. Persiapkan tiket dan dokumen

Satu hal penting saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan publik baik bus, kereta, kapal, ataupun pesawat adalah mempersiapkan tiket. Jangan sampai tiket tertinggal di rumah saat sudah sampai di lokasi keberangkatan. Jika dibutuhkan surat-surat penting, jangan sampai tertinggal. Saat ini biasanya tiket tersedia dalam bentuk elektronik sehingga memudahkan saat ingin melakukan perjalanan.

Sumber : suara.com