Advertisement

Pakar: Gejala Flu Patut Diwaspadai sebagai Tanda Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Jum'at, 05 Februari 2021 - 00:37 WIB
Bhekti Suryani
Pakar: Gejala Flu Patut Diwaspadai sebagai Tanda Covid-19 Penderita flu - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Menurut sekelompok dokter umum, gejala flu biasa tidak boleh dianggap remeh dan harus diperlakukan sebagai tanda virus corona.

Sesuai laporan, 140 dokter umum dan profesional perawatan kesehatan London timur telah menulis dan menandatangani surat terbuka kepada kepala petugas medis Chris Whitty dan dan Dr. Susan Hopkins dari Public Health England, menuntut untuk membuat daftar penyakit umum di bawah kemungkinan gejala COVID.

Advertisement

Dokter umum telah mengklaim bahwa pasien biasanya mengalami gejala khas flu biasa seperti sakit tenggorokan, pilek, dan sakit kepala sebelum dinyatakan positif virus corona. Mereka mendesak orang-orang untuk bertindak karena mereka yang memiliki gejala ringan secara tidak sengaja menyebarkan virus dengan mengira itu hanyalah musim dingin yang menggigil.

Salah satu dokter umum, Dr. Alex Sohal, salah satu penulis surat yang diterbitkan di British Medical Journal, menyatakan, "Para pasien ini bahkan sering tidak mempertimbangkan bahwa mereka mungkin mengidap Covid-19 dan belum mengisolasi diri di ruang genting. hari-hari awal ketika mereka paling menular. "

Menurutnya, kampanye publisitas nasional berfokus pada batuk, suhu tinggi, dan hilangnya bau atau rasa sebagai gejala yang harus diwaspadai — hanya pasien dengan gejala ini yang dapat mengakses tes Covid-19 secara online melalui situs pemesanan tes NHS. 

Sohal mengklaim bahwa dokter harus menasihati pasien untuk tidak jujur untuk mendapatkan tes Covid-19.

“Saat ini penting untuk mengubah definisi kasus Covid-19 Inggris dan kriteria pengujian untuk memasukkan coryza (pilek) dan pilek, sehingga konsisten dengan WHO," ujarnya dilansir dari Times of India.

“Beri tahu masyarakat, terutama mereka yang harus pergi bekerja dan majikannya, bahwa bahkan mereka yang memiliki gejala ringan (tidak hanya batuk, suhu tinggi, dan hilangnya bau atau rasa) tidak boleh keluar, utamakan lima yang pertama hari-hari isolasi diri saat mereka kemungkinan besar akan menular, "tambahnya.

Gejala klasik COVID lainnya
Sementara daftar gejala COVID terus meningkat dan berkembang, beberapa tanda paling umum dari virus corona baru adalah sebagai berikut.
- Demam
- Batuk kering
- Otot dan nyeri sendi
- Hilangnya indera penciuman dan perasa
- Sakit perut dan mual
- Sakit tenggorokan
- Nyeri dada dan sesak napas
- Kelelahan

Langkah-langkah yang harus diambil
Jika Anda mengalami atau mengembangkan salah satu gejala yang terkait dengan COVID-19, cara terbaik untuk memastikan kondisi medis Anda adalah dengan melakukan tes pada diri Anda sendiri.

Setelah Anda melakukannya, pisahkan diri Anda hingga dan sampai Anda menerima laporan Anda.
Ikuti pedoman COVID dan pertahankan jarak sosial setiap saat, terutama di tempat-tempat keramaian. Kenakan masker Anda dan desinfeksi area yang sering disentuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Netralitas ASN dalam Pilkada Sleman 2024 Bakal Diawasi Ketat

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement