Advertisement

Salah Kaprah Ucapan Gong Xi Fa Cai, Ini Arti Sebenarnya

Dewi Andriani
Jum'at, 05 Februari 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Salah Kaprah Ucapan Gong Xi Fa Cai, Ini Arti Sebenarnya Ucapan Gong Xi Fa Cai justru memiliki arti lain yang berbeda dan memiliki makna Selamat menjadi kaya raya. - JIBI/Bisnis.com/Noli Hendra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak orang mengucapkan kata Gong Xi Fa Cai sebagai ucapan selamat kepada mereka yang merayakan Imlek.

Padahal, ucapan tersebut sama sekali tidak memiliki hubungan langsung dengan Imlek atau perayaan tahun baru. Ucapan tersebut justru memiliki arti lain yang berbeda dan memiliki makna Selamat menjadi kaya raya.

Advertisement

“Merajalelanya ucapan Gong Xi Fa Cai ini menjadi salah satu kekeliruan karena artinya selamat jadi Kaya Raya padahal Imlek itu perayaan ekologis bukan untuk menjadi superkaya,” ujar sejarawan dari Universitas Indonesia JJ Rizal.

Makna selamat menjadi kaya tersebut menurutnya telah menghilangkan dasar dari perayaan Imlek yang sebetulnya lebih mengarah pada ucapan rasa syukur pada alam yang baik untuk musim yang bagus.

Menurutnya, pada masa sebelum ucapan ‘Gong Xi Fa Cai’ didengungkan, masyarakat lebih mengenal ucapan Sin Tjun Kiong Hie yang memiliki makna Selamat Musim Semi yang Baru atau Selamat Tahun Baru.

Terkait pelaksanaan Imlek di Indonesia saat ini juga telah disesuaikan dengan kebudayaan setempat. Selain itu, Rizal juga menyebut bahwa Imlek telah menjadi bagian dari peristiwa budaya yang tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Tionghoa saja.

“Semua orang yang merasa di dalamnya ada kebudayaan mereka, akan merasa ikut menjadi bagian dari perayaan Imlek,” tuturnya.

Misalnya saja ikan bandeng sebagai sajian di saat Tahun Baru Imlek, tidak hanya oleh orang Tionghoa saja yang membeli dan menjual ikan bandeng, orang Betawi juga memiliki tradisi menggunakan bandeng setiap Imlek. Kondisi ini menjadi bagian dari bentuk budaya peranakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement