Tidur Mengenakan Kaus Kaki Ternyata Tidak Dianjurkan, Ini Alasannya

Ilustrasi. - Freepik
07 Februari 2021 21:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Musim hujan sudah mencapai puncaknya. Dalam cuaca dingin seperti ini, banyak orang senang menggunakan kaus kaki ketika di rumah atau beranjak tidur. Tak hanya orang tua, anak muda pun banyak yang melakukannya.

Faktanya, tidur memakai kaus kaki bukanlah ide yang baik untuk menjaga tubuh tetap hangat. Kebiasaan ini justru menimbulkan sejumlah efek samping yang seharusnya dipahami.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa alasan seseorang seharusnya tidak tidur menggunakan kaus kaki meskipun kedinginan.

1. Menurunkan sirkulasi darah

Tidur memakai kaus kaki ketat biasanya dikaitkan dengan peningkatan sirkulasi darah. Faktanya, kaus kaki ketat bisa menurunkan aliran darah ketika tidur.

Jika kaki Anda kedinginan, Anda bisa memakai kaus kaki khusus untuk tidur yang lebih longgar atau berukuran lebih besar dari yang biasanya dipakai.

2. Meningkatkan risiko infeksi kulit

Mengenakan kaus kaki yang terbuat dari nilon dan bahan lain justru tidak ramah kulit serta menyebabkan infeksi kulit. Sebaliknya, Anda bisa memiliki kaus kaki berbahan katun jika ingin digunakan ketika tidur.

3. Meningkatkan suhu tubuh

Pakai kaus kaki ketika tidur bisa membuat tubuh kepanasan. Apalagi Anda mengenakan kaus kaki yang terbuat dari bahan tak bisa bernapas. Hal ini membuat suhu tubuh meningkatkan meskipun Anda belum tertidur.

4. Tidur tidak nyenyak

Pakai kaus kaki ketat bisa membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu tidur Anda. Karena itu, sebaiknya tidak memakai kaus kaki ketika tidur.

5. Kebersihan yang buruk

Pakai kaus kaki ketika tidur bisa meningkatkan risiko kebersihan yang buruk. Jika kaus kaki Anda terlalu ringan, tidak bersih atau terbuat dari kain yang tidak berpori, maka Anda berisiko terkena infeksi dan alami kaki bau.

Sumber : Suara.com