Advertisement

5 Kondisi Tubuh yang Tingkatkan Risiko Reinfeksi Covid-19

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 10 Februari 2021 - 06:37 WIB
Nina Atmasari
5 Kondisi Tubuh yang Tingkatkan Risiko Reinfeksi Covid-19 Petugas kesehatan memberikan contoh cara memvaksin seorang pasien saat simulasi pemberian vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Kelurahan Cilincing I, Jakarta, Selasa (12/1/2021). ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Beberapa penyintas Covid-19 diketahui di antaranya mengalami reinfeksi virus tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya terinfeksi kembali dalam waktu kurang dari 50 hari.

Saat ini, tidak ada cukup bukti klinis atau studi untuk menunjukkan berapa lama seseorang memiliki kekebalan alami terhadap virus corona. Tapi, infeksi ulang adalah kemungkinan yang harus kita perhitungkan.

Advertisement

Dokter juga percaya bahwa memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya juga membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi ulang, atau menderita komplikasi setelah pemulihan awal.

Penyebab terbesar reinfeksi adalah kekebalan lemah dan gangguan fungsi vital. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Medical Journal (BMJ) kini menemukan bahwa orang dengan penyakit penyerta memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi ulang Covid-19, baik yang lebih ringan maupun yang parah.

Oleh karena itu, pengidap kondisi dan risiko penyakit tersebut perlu sangat berhati-hati jika ingin terhindar dari risiko tertular COVID-19 lebih dari satu kali. Berikut daftar penyakit tersebut dilansir dari Times of India :

1. Diabetes

Diabetes tipe-1 dan tipe-2 adalah salah satu komorbiditas terbesar yang dapat memperburuk risiko Anda terkena virus corona baru. Dari peningkatan infeksi kulit, kekebalan tubuh yang lemah, dan kerentanan terhadap penyakit lain, pasien diabetes memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk COVID. Para peneliti juga mengamati bahwa pasien diabetes, yang menderita serangan COVID019 sebelumnya memiliki kekebalan yang lebih cepat berkurang, membuat mereka lebih rentan untuk tertular COVID lagi.

Mereka yang paling berisiko termasuk mereka yang menderita kasus COVID-19 ringan tanpa gejala atau telah mengalami pemulihan COVID yang lebih dari enam bulan.

2. Usia

Orang yang berusia di atas 55 tahun mengalami kekebalan yang lemah, yang membuat mereka rentan terhadap COVID-19. Jika penelitian diyakini, lansia, terutama mereka yang memiliki komorbiditas tailing juga berisiko lebih tinggi untuk tertular penyakit lebih dari satu kali.

3. Masalah tiroid 

Tiroid adalah penyakit lain yang dapat memengaruhi fungsi sistem kekebalan Anda dan meningkatkan risiko COVID.

Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tiroid yang kurang aktif atau tiroid yang terlalu aktif terkadang dapat menekan fungsi sistem kekebalan, membuat seseorang rentan untuk sering terkena penyakit. Hormon disfungsional juga berarti bahwa kemampuan tubuh Anda untuk melawan infeksi dan patogen lain juga dapat terganggu. Oleh karena itu, mereka yang memiliki masalah hormonal dan masalah tiroid perlu ekstra hati-hati tentang risiko infeksi ulang.

4. Obesitas

Tingkat obesitas yang tinggi meremehkan sistem pertahanan alami tubuh Anda, meningkatkan kerentanan seseorang terhadap COVID-19. Orang yang menderita obesitas juga lebih mungkin mengalami komplikasi yang parah dan lebih mematikan.

Apa yang juga dilakukan obesitas adalah meningkatkan tingkat peradangan dalam tubuh, merusak fungsi vital yang membuat sistem kekebalan lebih sulit untuk melakukan tugasnya dengan baik, terutama setelah pemulihan COVID-19. Studi yang lebih baru juga menemukan bahwa vaksin COVID-19 mungkin tidak memberikan hasil yang diharapkan untuk orang yang menderita obesitas. Oleh karena itu, di satu sisi, mereka berada pada risiko paling besar untuk infeksi ulang dan masalah pasca pemulihan.

Oleh karena itu, orang dengan obesitas harus mengambil langkah-langkah perbaikan untuk mengubah gaya hidup mereka dan mengembalikan kesehatannya ke jalur yang benar, jika mereka ingin menghindari risiko dan komplikasi yang terkait dengan infeksi ulang COVID.

5. Penyakit pernapasan kronis

?Coronavirus adalah patogen yang menyebabkan kerusakan maksimum pada sistem pernapasan, yang sangat penting untuk berfungsi dengan baik.

Mulai dari kesulitan bernapas, peningkatan risiko infeksi pernapasan, dan gangguan status kekebalan tubuh, pemulihan pasca serangan COVID-19 dapat mengganggu sistem pernapasan Anda, atau membuat Anda memerlukan bantuan. Karenanya, ada peningkatan risiko infeksi ulang COVID dan komplikasi bagi orang yang mengalami gangguan pernapasan.

Orang yang menderita masalah seperti COPD, Asma, dan masalah pernapasan lainnya harus melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi faktor risiko.

Apakah tanda-tanda Anda memiliki kekebalan jangka panjang terhadap virus?

Kekebalan bawaan (alami) dan tingkat antibodi dapat menentukan risiko infeksi ulang. Pada saat yang sama, gejala tertentu, pola infeksi dan jenis kelamin seseorang dapat menunjukkan berapa lama kekebalan terhadap COVID dapat bertahan.

Misalnya, ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa COVID-19 yang parah dapat mendukung kekebalan yang lebih tinggi, terutama untuk pria.

Sementara itu, adanya gejala khas COVID-19 yang dianggap berbahaya, seperti demam lebih dari 5 hari, nafsu makan hilang, sakit perut, gangguan saraf juga bisa menandakan bahwa seseorang mungkin memiliki kekebalan yang lama. melawan virus.?

Gejala infeksi ulang COVID-19 kurang lebih tetap sama dengan gejala pertama kali. Namun, karena varian dan mutasi COVID yang lebih baru beredar, dan gejala yang lebih baru ditemukan, kita semua harus terlalu berhati-hati.

Secara umum, pasien yang berisiko mengalami infeksi ulang harus mewaspadai tanda-tanda masalah berikut:

-Sulit bernafas

Nyeri otot yang tidak biasa

-Demam tinggi, batuk-batuk

-Trombosis

- Sakit jantung / dada

Ruam yang tidak dapat dijelaskan, tanda-tanda pembengkakan pada kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement