Advertisement

Ini 8 Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Newswire
Rabu, 10 Februari 2021 - 09:27 WIB
Nina Atmasari
Ini 8 Buah yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Ibu hamil harus memperhatikan konsumsi makanannya, sebab akan memengaruhi kesehatan janinnya. Ketika ibu memakan makanan yang baik, hal itu akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan janin dalam kandungan.

Salah satu makanan yang baik untuk kesehatan ibu hamil adalah sayur dan buah-buahan. Namun, rupanya tidak semua buah baik untuk dikonsumsi saat hamil.

Advertisement

Ini terjadi karena terdapat beberapa buah yang bisa memengaruhi proses kehamilan. Dikutip dari Parenting First Cry, berikut buah-buahan yang tidak bagus untuk dikonsumsi saat kehamilan:

1. Nanas

Nanas menjadi buah yang tidak baik untuk dikonsumsi saat hamil, terutama pada trisemester pertama. Hal ini karena nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang memecah protein. Enzim tersebut dapat melunakan serviks dan bisa mengakibatkan persalinan dini. Nanas juga menyebabkan kontraksi uterus yang tajam. Oleh karena itu, memakan nanas harus dihindari saat hamil.

2. Asam (tamarinda)

Asam berbahaya untuk ibu hamil karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi yang dapat menekan produksi progesteron dalam tubuh. kadar progesteron yang rendah dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan kerusakan sel pada janin.

3. Pepaya

Pepaya pada dasarnya baik untuk pencernaan. Namun, mengonsumsinya saat hamil sangat tidak dianjurkan. Hal ini karena pepaya kaya akan lateks yang dapat menyebabkan kontraksi rahim, pendarahan, dan keguguran. Buah yang satu ini juga dapat mengganggu perkembangan janin.

4. Pisang

Rupanya, pisang tidak baik untuk dikonsumsi saat hamil. Hal ini karena pisang mengandung kitinase, atau zat yang mirip dengan lateks. Hal ini dapat meningkatkan panas tubuh dan bisa menyebabkan gangguan pada janin saat proses kehamilan.

5. Semangka

Mengonsumsi semangka saat hamil tidak baik bagi kandungan karena dapat membuat janin terkena berbagai racun yang dikeluarkan oleh semangka. Walapun boleh dikonsumsi sedikit, menghindarinya lebih baik untuk menjaga kesehatan kandungan.

6. Kurma

Rupanya kurma tidak baik dikonsumsi saat hamil. Hal ini karena kurma dapat membuat tubuh memanas dan menyebabkan kontraksi pada rahim. Oleh karena itu, ibu hamil diusahakan untuk menghindari mengonsumsi kurma untuk menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

7. Beri Beku

Mengonsumsi beri beku terlihat sangat menyegarkan. Namun, memakannya saat hamil rupanya bukan hal yang baik. Beri yang beku akan membuat nutrisi di dalamnya dan justru menjadi racun bagi bayi. Oleh karena itu, mengonsumsi beri beku tidak disarankan untuk ibu yang sedang hamil.

8. Tomat Kalengan

Tomat kalengan biasanya mengandung pengawet dalam jumlah yang tinggi. Bahan pengawet dapat menjadi racun bagi bayi dan mengganggu proses kehamilan. Untuk itu mengonsumsinya tidak disarankan untuk ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Tok! MK Bacakan Putusan Hasil Sengketa Pilpres pada Senin 22 April Mendatang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement