Liburan di Rumah Saja, Yuk Lakukan Perawatan Wajah Ala Spa

Ilustrasi. - Freepik
12 Februari 2021 07:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Di masa Pandemi Covid-19, warga diminta untuk di rumah saja dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Tanpa harus menghabiskan uang ke spa, Anda juga bisa melakuan perawatan wajah sendiri di rumah lho! Misalnya perawatan membersihkan komedo sendiri di rumah.

Berikut ini adalah lima langkah perawatan wajah ini yang bisa Anda lakukan di rumah, yang dilansir dari Healthshots.

1. Bersihkan Wajah

Langkah terpenting adalah membersihkan kulit wajah. Langkah ini dilakukan untuk memastikan Anda menghilangkan kotoran, minyak berlebih, kulit mati, dan riasan yang ada di kulit wajah.

Cara melakukannya: Pijat wajah dan leher dengan oil cleanser atau facial oil (minyak zaitun atau minyak kelapa) selama tiga hingga lima menit dengan gerakan melingkar, sambil mengangkat kulit ke atas. Bilas hingga bersih dengan air hangat. Tipsnya: Lakukan gerakan dengan lembut!

2. Uapkan kulit Anda

Menguapkan wajah Anda akan membuka pori-pori terbuka dan membantu menyerap perawatan dengan baik. Cara membuatnya: Rebus air dalam panci, lalu tutupi kepala dan wajah Anda dengan handuk. Lakukan selama lima hingga 10 menit.

3. Ekstrak komedo

Menguapi wajah dapat membantu Anda pada langkah berikutnya, manfaat perawatan ini adalah untuk menghilangkan komedo. Anda dapat membeli alat ekstraksi dari toko obat lokal

Metode: Pada langkah ini, Anda harus menghilangkan komedo dan komedo putih dari area zona-T yang meliputi hidung, dagu, dan dahi dengan bantuan alat.

Ada hal lain yang mesti dipertimbangkan, jangan melakukan ini jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan alat ekstraksi.

4. Oleskan Masker Wajah

Masker wajah akan membuat kulit berkilau dan bercahaya, dan juga akan mendetoksifikasi kulit. Selain itu, manfaat perawatan ini akan menghilangkan kotoran, dan membuat wajah bersinar secara sehat.

Cara membuatnya: Anda bisa menyiapkan masker wajah ini dengan yogurt, madu, lidah buaya, dan pisang tumbuk. Oleskan selama 20 menit dan letakkan dua irisan mentimun di atas mata. Pijat wajah dengan lembut selama lima menit, sebelum mencucinya dengan air hangat.

Tipsnya: Pertimbangkan masker wajah sesuai dengan jenis kulit seperti memiliki wajah berminyak ataupun kering.

5. Lembapkan Kulit

Langkah terakhir adalah melembapkan yang dapat membantu melembapkan kulit. Cara membuatnya: Oleskan dengan lembut pada wajah dan leher secara menyeluruh, dan biarkan terserap ke dalam kulit. Anda bisa menggunakan lidah buaya atau pasta halus mentimun. Tipnya: Gunakan pelembap yang tidak mengandung alkohol.

Sumber : Suara.com