5 Cara Menjadi Penulis Freelancer untuk Pemula

Ilustrasi. - Freepik
12 Februari 2021 13:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Menjadi penulis freelance kini makin populer sebagai salah satu aktivitas untuk mendapatkan penghasilan. Anda tertarik menjadi penulis freelance? Nah simak saja cara menjadi penulis freelancer bisa dipelajari selama Anda cukup persisten dalam niatan Anda ini.

Bukan tanpa sebab, menjadi penulis dirasa cukup mudah untuk banyak orang. Padahal nyatanya untuk menghasilkan satu tulisan yang berkualitas diperlukan riset yang baik serta kemampuan penyampaian yang menarik.

Penulis lepas berkesempatan untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan banyak pihak. Kesempatan yang terbuka lebar banyak menjadi godaan. Tapi tidak sedikit pula yang masih kebingungan bagaimana cara memulainya. Nah, sebagai sedikit tips untuk Anda yang memiliki keinginan ini, berikut cara menjadi penulis freelancer, mulai dari tahap awal.

1. Bisa Menulis

Well, karena Anda berniat menjadi penulis lepas, tentu syarat utamanya adalah bisa menulis. Berlatih dan terus membuat tulisan mungkin jadi jalan terbaik mengasah kemampuan Anda

Bacalah banyak referensi, artikel, tulisan pendek, tulisan panjang, dan berbagai bentuk tulisan lain agar Anda semakin banyak mengetahui format penulisan. Di waktu yang sama, Anda juga akan memahami banyak pola penulisan yang bisa membuat pembaca bertahan lama dan mendapatkan poin yang ingin disampaikan.

2. Unggah Tulisan Anda

Banyak medium yang bisa digunakan untuk mempublikasikan tulisan yang sudah Anda buat. Mengapa harus dipublikasikan? Untuk mendapatkan perhatian dari orang yang tengah membutuhkan jasa penulis lepas tentu saja!

Selain itu, dengan mempublikasikan tulisan, Anda bisa mendapatkan masukan dan kritik untuk tulisan yang Anda buat. Jangan gentar pada kritik pedas dan cacian yang mungkin Anda terima, at least, berarti tulisan Anda menarik perhatian bukan?

3. Perluas Pergaulan dan Masuk Ke Platform yang Tepat

Penulis lepas akan mendapatkan banyak kesempatan ketika banyak orang mengetahui tulisannya berkualitas. Memperluas pergaulan akan jadi cara yang tepat untuk hal ini, karena Anda akan memiliki banyak titik kesempatan yang mungkin saja membawa Anda mendapatkan rupiah lebih banyak.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi anggota dan membuat akun pada platform yang tepat, tempat dimana penulis lepas dan pemberi project bertemu. Kesempatan Anda akan lebih luas untuk menulis secara komersial dengan menjadi anggota di platform-platform tersebut.

4. Gigih dan Terus Mencoba

Anda juga bisa memanfaatkan media-media online yang memberikan kesempatan pada publik secara umum untuk menjadi kontributornya. Buat tulisan yang menarik dan informatif, atau mengenai kejadian terkini. Kirimkan dengan format yang sudah ditentukan, dan tunggu beberapa hari.

Jika tulisan Anda akan diterbitkan biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi. Jika tidak mendapatkan pemberitahuan, Anda bisa mencobanya lagi lain waktu dengan terus belajar membuat tulisan yang lebih baik.

5. Konsistensi dan Disiplin, Cara Menjadi Penulis Freelancer Berkualitas

Dua hal yang disebutkan ini adalah kunci untuk jadi seorang freelancer yang berkualitas. Ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama atau berkolaborasi, pastikan produk yang Anda hasilkan benar-benar yang terbaik.

Perhatikan dengan cermat ketentuan yang diberikan klien, dan tenggat waktu yang tersedia. Pastikan tulisan Anda sudah benar-benar bersih dari kesalahan mendasar seperti typo, tidak menepati mandatory, dan lain sebagainya.

Tidak ada salahnya juga mempelajari mekanisme SEO, agar bisa menghasilkan tulisan yang mudah merangkak naik di hasil pencarian.

Sumber : Suara.com