Ingin Mengatasi Kantuk Tanpa Minum Kopi? Cobalah Cara Berikut

Ilustrasi. - Freepik
15 Februari 2021 10:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Mengantuk adalah musuh besar banyak pekerja yang harus masuk ke kantor pagi hari. Tantangan melawan kantuk sendiri juga sering muncul pasca jam makan siang, setelah perut terisi dan sejenak beristirahat.

Memang, cara paling sering digunakan melawan kantuk adalah minum kopi. Namun, sebenarnya kadar kopi yang berlebihan tidak terlalu baik efeknya untuk tubuh. Makanya simak cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi berikut ini.

1. Tidur dengan Jam yang Cukup

Beristirahat dengan waktu yang cukup bisa menghindarkan Anda dari serangan kantuk mendadak atau di pagi hari. Idealnya, tubuh seorang manusia dewasa membutuhkan waktu tidur antara 6 sampai 8 jam dalam sehari.

Ketika waktu ini tercukupi, maka kantuk yang mendera akan berkurang intensitasnya. Istirahat cukup di malam hari bisa jadi opsi terbaik. Selain durasinya, perhatikan pula ketetapan jadwalnya ya!

2. Berolahraga Rutin

Meski terdengar dan terasa melelahkan, olahraga rutin ternyata dapat membantu Anda menghindari rasa kantuk yang datang. Dengan berolahraga, tubuh dapat memanfaatkan oksigen dan tenaga yang ada sehingga metabolismenya berjalan lebih baik.

Olahraga rutin juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari, sehingga Anda bisa bangun dengan segar dan penuh semangat. Tidak perlu olahraga berat, cukup dengan jogging, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan saja bisa jadi alternatif.

3. Gerakan Sederhana di Siang Hari

Rasa kantuk yang menyerang setelah jam makan siang biasanya dilanda oleh Anda yang bekerja di kantor-kantor. Makan dengan menu yang sehat bisa jadi solusi, bersamaan dengan kegiatan fisik ringan di siang hari.

Bukan, bukan dengan jogging atau olahraga seperti 7 minute workout yang justru dapat membuat Anda makin lelah, tapi cukup dengan berjalan kaki saja. Lemaskan kaki dengan berjalan mendatangi tempat makan, atau sekedar berjalan di area kantor sekaligus mengistirahatkan mata dari gadget.

4. Alih-Alih Kopi, Minum Air Putih Ketika Mengantuk

Kopi memang jadi pilihan banyak orang untuk menghadapi kantuk dan mengembalikan semangat. Tapi efek buruk yang bisa ditimbulkan untuk konsumsi berlebih justru jadi nilai kekurangannya.

Anda bisa mengkonsumsi air putih untuk mengurangi kadar kopi harian. Kantuk dan rasa lemas yang muncul bisa jadi hanya karena tubuh kekurangan cairan. Air putih, dalam hal ini, akan jadi pengganti cairan tubuh yang hilang dan mengembalikan fokus Anda.

Bukan berarti Anda dilarang minum kopi untuk menghilangkan ngantuk, tapi jika ada alternatif lain, tidak ada salahnya mencoba bukan?

Semoga tips di atas bisa berguna untuk Anda! Demikian 4 cara menghilangkan ngantuk tanpa kopi di atas bisa jadi alternatif untuk Anda.

Sumber : Suara.com