Terlalu Banyak Pelembap Wajah Bisa Munculkan 5 Masalah Ini

Ilustrasi. - Freepik
17 Februari 2021 07:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Salah satu produk perawatan wajah adalah pelembab. Produk ini diperlukan untuk memberi nutrisi penting ke dalam kulit agar terhindar dari kerusakan dan penuaan dini. Tapi, apa jadinya kalau Anda mengaplikasikan terlalu banyak pelembap di wajah?

Nah, terlalu banyak pakai pelembap justru bisa menyebabkan masalah pada kulit. Saat Anda menggunakan terlalu banyak pelembap, kulit akan menghasilkan lebih sedikit pelembap alami, sehingga kulit Anda malah akan semakin kering.

Dilansir dari Healthshots, ini 5 tanda bahwa Anda memakai terlalu banyak pelembap di wajah.

1. Pori-pori tersumbat
Pori-pori yang tersumbat merupakan tanda dari pemakaian pelembap yang berlebihan. Akibatnya, akan muncul komedo hitam dan komedo putih.

2. Kulit Anda berjerawat
Kulit Anda hanya akan menyerap apa yang dibutuhkannya, dan kelebihan pelembap akan tertinggal di atas permukaan kulit. Lapisan berminyak ini akan menarik kotoran dan bakteri, yang kemudian menumpuk di pori-pori dan menyebabkan jerawat.

3. Produksi minyak di wajah meningkat
Jika kulit Anda terlanjur berminyak, maka pelembap yang berlebihan bisa memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Hal ini dapat menimbulkan lebih banyak jerawat dan juga komedo.

4. Kulit menjadi kering
Meski terdengar aneh, tapi menggunakan terlalu banyak produk pelembab dapat membuat kulit menjadi sensitif, kering, dan juga kusam.

5. Muncul bintik-bintik kecil di wajah
Bintik-bintik kecil merupakan gejala umum yang terjadi pada pemakaian pelembab yang berlebihan. Dan ini seringkali dibarengi dengan munculnya reaksi kemerahan, iritasi, dan ruam.

Sumber : Suara.com