Bermasalah dengan Infertilitas? Jangan Hanya Tunggu Keajaiban dan Hentikan Hal Ini!

Ilustrasi. - Freepik
17 Februari 2021 13:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Infertilitas dianggap sebagai masalah besar dalam rumah tangga oleh sebagian orang. Infertilitas sendiri didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil bahkan setelah setahun mencoba atau melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Selain itu, jika bisa hamil namun kemudian mengalami keguguran atau lahir mati, juga disebut sebagai infertilitas

Infertilitas dapat terjadi pada wanita maupun pria. Penyebab paling umum dari infertilitas wanita termasuk usia, Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), masalah dengan ovulasi, kerusakan pada saluran tuba atau rahim, atau masalah dengan leher rahim.

Sedangkan penyebab infertilitas pada pria antara lain kelainan kelenjar hipofisis, kelainan gonad, jumlah sperma rendah, dan kualitas sperma yang buruk.

Memang masalah infertilitas merupakan sesuatu yang sulit diterima dan diatasi oleh pasangan. Karenanya, jangan menambah beban dengan mempersulit diri sendiri.

Melansir Suara.com--jaringan Harianjogja.comĀ dari The Health Site, ada beberapa hal yang harus dihentikan jika Anda dan pasangan sedang berjuang melawan ketidaksuburan atau infertilitas.

1. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Anda tidak dapat mengontrol sebagian besar faktor yang menyebabkan infertilitas. Jadi berhentilah menyalahkan diri sendiri karena hanya akan memperburuk keadaan. Lebih baik fokuskan energi Anda pada langkah-langkah positif untuk mengatasi masalah itu.

2. Jangan Hanya Menunggu Keajaiban

Apabila tidak ada hasil setelah mencoba selama lebih dari setahun, inilah saatnya ke dokter Sangat penting untuk melakukan tes kesuburan untuk mengetahui penyebab pastinya. Karena beberapa penyebab kemandulan bisa memburuk seiring berjalannya waktu dan membuat peluang hamil semakin kecil.

3. Berhenti Mengabaikan Diri Sendiri

Mengatasi ketidaksuburan bisa sangat melelahkan, tetapi penting untuk fokus pada perawatan diri selama ini. Luangkan waktu untuk diri sendiri bahkan ketika segala sesuatunya tampak terlalu sulit. Ingatlah bahwa semakin sehat dan bahagia Anda, perjalanan melawan infertilitas akan semakin mudah.

4. Berhenti Membuat Perhitungan Dua Minggu

Jika mengalami kesulitan hamil, biasanya pasangan akan mulai menghitung siklus hidup dua minggu. Yakni menunggu selama dua minggu untuk ovulasi, dan dua minggu lagi untuk melakukan tes kehamilan. Cobalah untuk berhenti terobsesi dengan perhitungan ini.

5. Jangan Tidur dengan Pasangan Hanya untuk Hamil

Ketika seks dilakukan semata-mata untuk tujuan hamil, hubungan dengan pasangan tidak berjalan dengan benar. Padahal kehidupan seks tidak hanya tentang memiliki bayi, tetapi juga membantu menghilangkan stres. Jadi, temukan cara untuk menghidupkan kembali romansa dan meningkatkan kehidupan seks sembari terus mencoba untuk hamil.

6. Berhenti Merasa Putus Asa

Beri diri Anda waktu untuk berduka dan sembuh dari trauma ketidaksuburan. Tetapi pada saat yang sama, penting untuk tetap optimis dan penuh harapan. Ingat Anda tetap bisa menjadi orang tua meski Anda sendiri tidak bisa melahirkan anak.

Masih ada alternatif lain seperti donor embrio, donor sel telur, donor sperma, atau mengadopsi anak. Banyak pasangan bahkan memilih untuk hidup tanpa anak dan mereka menjalani kehidupan yang bahagia dan normal.

Sumber : suara.com