Advertisement

Mulai Sekarang, Hindari Menyilangkan Kaki Saat Duduk, Ini Sebabnya

Newswire
Minggu, 21 Februari 2021 - 11:17 WIB
Nina Atmasari
Mulai Sekarang, Hindari Menyilangkan Kaki Saat Duduk, Ini Sebabnya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Saat duduk di kursi, seseorang akan mencari posisi nyaman. Salah satu yang dilakukan adalah menyilangkan kaki. Namun, siapa sangka, faktanya, duduk dengan kaki menyilang memiliki banyak efek negatif pada tubuh.

Sehingga Anda harus menghindari duduk dalam posisi menyilang untuk menghindari efek sampingnya.

Anda bisa berlajar atau beradaptasi perlahan dengan duduk dalam postur tubuh tegak sepanjang waktu. Postur tubuh tegak saat duduk juga akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Berikut ini dilansir dari Bright Side, 5 dampak kebiasaan duduk sambil menyilangkan kaki yang seharusnya dihindari.

1. Kelumpuhan saraf

Duduk bersila atau menyilang dalam waktu lama bisa menyebabkan kelumpuhan saraf. Selama itu, Anda menjadi tidak bisa mengangkat kaki, karena menyebabkan mati rasa pada otot dan bisa melukai saraf peroneal Anda.

2. Tekanan darah tinggi

Menurut penelitian ini, menyilangkan kaki setinggi lutut bisa meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Mereka juga memastikan bahwa tidak ada lonjakan kasus tekanan darah ketika menyilangkan kaki di pergelangan kaki.

Artinya, lonjakan tekanan darah itu hanya bersifat sementara. Tapi, Anda disarankan untuk menghindari menyilangkan kaki jika Anda penderita tekanan darah.

3. Postur tubuh buruk

Menurut penelitian, duduk dengan kaki menyilang selama lebih dari 3 jam per hari bisa menyebabkan bahu dan panggul miring ke samping.

Posisi duduk seperti ini juga bisa menyebabkan ketidaksejajaran tulang belakang dan postur tubuh yang tidak tepat bisa menyebabkan nyeri serta kekakuan pada otot.

4. Nyeri pada persendian

Duduk dengan menyilangkan kaki tidak hanya buruk untuk postur tubuh Anda, tetapi juga bisa menyebabkan nyeri pada persendian. Posisi duduk ini juga bisa mencederai leher, panggul, punggung bawah dan lutut. Sebaiknya, Anda menghindari menyilangkan kaki jika sudah mengalami nyeri lutut.

5. Pergelangan kaki bengkak selama kehamilan

Hindari menyilangkan kaki selama kehamilan karena ini sangat tidak aman untuk bayi. Posisi duduk dengan menyilangkan kaki bisa menyebabkan pergelangan kaki bengkak dan kram kaki selama kehamilan.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Konsumsi Buah dan Sayur Warga Kota Jogja Meningkat

Jogja
| Minggu, 02 Oktober 2022, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Lulusan IPB Ogah Jadi Petani karena Penghasilan Kecil

News
| Sabtu, 01 Oktober 2022, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement