Musim Hujan Bikin Rentan Masuk Angin, 5 Bahan Alami Ini Bisa Mencegahnya

Ilustrasi. - Freepik
21 Februari 2021 06:07 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Musim hujan sedang berada di puncaknya. Hampir setiap hari turun hujan. Akibatnya, banyak orang akan lebih mudah terserang flu, batuk dan masuk angin. Tapi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah masuk angin pada anak-anak maupun orang dewasa.

Salah satunya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memenuhi asupan vitamin C. Selain itu, Anda juga harus makan banyak buah dan sayuran yang mengandung banyak nutrisi.

Tapi, ada pula makanan lainnya yang tidak melindungi tubuh dan mencegah masuk angin. Berikut ini dilansir dari BBC Good Food, beberapa pertahanan alami yang bisa dikonsumsi untuk cegah masuk angin.

1. Makan banyak buah dan sayuran

Sayuran seperti ubi jalar dan bit kaya akan beta-karoten yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Kita membutuhkan vitamin A untuk menjaga lapisan mukosa di hidung dan paru-paru yang cukup kuat guna melawan infeksi.

Makanan lain termasuk buah jeruk, mangga, aprikot dan melon juga baik untuk dikonsumsi serta memenuhi asupan vitamin A.

2. Bawang putih dan merah

Bawang putih dan merah mengandung minyak yang memiliki sifat anti-mikroba kuat, sehingga bisa membantu melindungi diri dari infeksi bakteri dan virus.

Kedua jenis bawang ini juga mendukung kesehatan usus yang baik sebagai prebiotik dengan mendorong pertumbuhan bakteri sehat.

Banyak orang percaya bahwa bawang putih bisa mencegah flu biasa, tetapi itu belum banyak terbukti secara klinis, Meski begitu, bawang putih dan merah memiliki manfaat kesehatan yang mengesankan.

Jika Anda tidak suka bau bawang putih yang terlalu kuat, Anda bisa mengonsumsi bawang putih hitam yang difermentasi. Bawang hitam ini memiliki rasa balsamic yang 2 kali lebih aktif daripada bawang putih biasa.

3. Vitamin C

Vitamin C yang sangat kuat sangat ideal untuk melawan flu biasa. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dosis tinggi paling relevan untuk orang yang terpapar masuk angin akibat stres fisik, seperti atlet dan orang yang tinggal di lingkungan dingin.

Makan banyak buah dan sayuran setiap hari bisa memberi kita cukup vitamin C untuk mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan ini termasuk, sayuran berdaun hijau tua, lobak, bayam dan brokoli.

4. Vitamin D

Vitamin D adalah nutrisi penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang rendah vitamin D dalam tubuh justru berisiko terkena infeksi, termasuk orang yang memiliki sistem pernapasan bagian atas.

Pada bulan-bulan musim dingin, kita perlu mendapatkan vitamin D dari makanan karena tingkat sinar matahari yang rendah. Sumber vitamin D terbaik dari makanan, seperti salmon, mackerel, telur dan jamur.

5. Gandum dan barley

Biji-bijian seperti gandum dan barley kaya akan serat yang larut air, biasanya disebut beta-glukan. Selain membuat kita kenyang, gandum dan barley memiliki efek modulasi kekebalan yang berharga untuk meningkatkan jumlah dan fungsi sel imun pelindung.

Sumber : Suara.com