Ini Daftar Produk Kecantikan Paling Laris Sepanjang 2020

Ilustrasi kosmetik
01 Maret 2021 21:17 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Antusiasme masyarakat untuk menggunakan produk kecantikan dan perawatan kulit di Indonesia kian meningkat. Hal ini turut mendongkrak prospek bisnis di industi kecantikan.

Terlihat pula dari transaksi pada kategori kecantikan di Tokopedia yang tercatat mengalami kenaikan hampir 2 kali lipat menjelang akhir tahun 2020 lalu.

AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia, Jessica Stephanie Jap mengungkapkan beberapa produk yang paling laris dan paling diminati pembeli yang berbelanja di Tokopedia antara lain pembersih wajah, paket perawatan wajah, serum, masker wajah dan krim wajah.

Dengan antusiasme yang terbilang tinggi tersebut, mendorong pihaknya untuk menghadirkan kampanye Tokopedia Beauty Dealight sebagai upaya Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan termasuk produk kecantikan.

“Tokopedia Beauty Dealight, yang berlangsung hingga 5 Maret 2021, juga merupakan panggung bagi pegiat usaha, khususnya UMKM lokal di industri kecantikan untuk mempertahankan bisnis terutama di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi,” tuturnya dalam konferensi pers virtual, Senin (1/3/2021).

Salah satu brand produk lokal yang cukup diminati di Tokopedia adalah Gentle Hour merupakan produk pembersih wajah yang didirikan oleh Jeldine Madjukie, Joyce Arta dan Revata Pingkan pada Agustus 2020.

Sejak awal, Gentle Hour memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia yang memberikan kontribusi signifikan bagi penjualan. Diakui olehnya dengan adanya penjualan di Tokopedia Gentle Houe bisa menjangkau pelanggan hingga ke berbagai daerah termasuk ke Papua.

“Bahkan kehadiran berbagai kampanye di Tokopedia, contohnya Oh Beauty Festival, bisa membuat Gentle Hour semakin dikenal di masyarakat sekaligus meningkatkan penjualan kami menjadi 13x lipat,” terangnya.

Joyce mengatakan bahwa pihaknya akan terus aktif mengikuti berbagai kampanye dari Tokopedia, seperti Tokopedia Beauty Dealight sebagai salah satu upaya untuk terus memenuhi kebutuhan pasar.

“Selain itu, kami juga terus berinovasi, salah satunya dengan meluncurkan dua produk baru Gentle Hour yang bisa didapatkan secara eksklusif di Tokopedia,” ujarnya.

Selain Gentle Hour, brand lain yang juga mengikuti kampanye Tokopedia Beauty Dealight adalah Maska Indonesia, yang didirikan Radiya Banyu dan Almas Hudiya. Brand yang baru berdiri pada 2019 ini, menawarkan sederet pilihan produk skincare berbahan alami.

“Selama pandemi, mengingat masyarakat lebih banyak di rumah, penjualan produk kami di Tokopedia justru mengalami peningkatan signifikan,” ujar Raditya.

Sementara itu, Almas menyampaikan dengan mengikuti kampanye, selain membuat produknya lebih dikenal berbagai fitur TopAds di Tokopedia juga membantu mendorong peningkatan transaksi hampir 2x lipat pada September 2020 lalu jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Beauty Influencer, Affi Assegaf mengatakan bahwa saat ini setiap pegiat usaha skincare lokal berlomba menawarkan produk berkualitas yang tidak kalah saing dengan produk asing. Penjualan produk skincare lokal pun meningkat. Ini menandakan tingginya permintaan akan produk lokal di pasaran.

“Saya sangat mengapresiasi Tokopedia karena sudah memberikan panggung luas untuk para pegiat usaha lokal di industri kecantikan. Rasa bangga buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama-sama demi membantu pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Melalui Tokopedia Beauty Dealight, masyarakat bisa mengakses lebih dari 100 merek produk kecantikan berkualitas, terutama dari pegiat usaha lokal. Masyarakat juga dapat menikmati gratis ongkir, exclusive launch, flash sale 3x sehari termasuk 99% clearance flash sale, voucher cashback dan masih banyak lainnya.

Sumber : Bisnis.com