Advertisement

Ini Tiga Cara Jaga Berat Badan Ideal Saat Pandemi Covid-19

Janlika Putri Indah Sari
Rabu, 03 Maret 2021 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Ini Tiga Cara Jaga Berat Badan Ideal Saat Pandemi Covid-19 Ilustrasi menurunkan berat badan. Harus rutin dalam menimbang berat badan setiap pekannya agar bisa mengetahui kondisi tumbuh sendiri. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pandemi Covid-19 dianggap memicu kenaikan berat badan seseorang. Lebih banyaknya aktivitas yang dilakukan di rumah selama pandemi membuat asupan makanan masuk tanpa terkontrol.

Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni) Prof. Ketut Suastika mengatakan banyak asupan dan kurang berolahraga adalah kekeliruan yang umum terjadi saat ini.

Advertisement

"Karena lebih banyak beraktivitas di rumah dan duduk sambil kerja saja bisa dengan bebas makan apapun. Kemudian olahraga jarang dilakukan, itulah penyebab naiknya berat badan saat ini," katanya secara virtual dalam acara webinar Hari Obesitas se-Dunia (3/3/21).

Pola hidup yang tidak sehat ini bisa berpotensi untuk memicu obesitas pada seseorang. Obesitas tidak bisa dianggap remeh karena berkaitan dengan beberapa penyakit yang mengancam jiwa.

Untuk itu, dokter Ketut membagikan tiga cara sehat menjaga berat badan ideal saat pandemi:

1. Atur asupan makanan

Penting sekali untuk memperhatikan asupan apa saja yang dikonsumsi dalam sehari. Buatlah tabel rencana menu yang akan dikonsumsi dan juga lihat kandungan gizinya. Masukan sayuran dan buah sebagai menu wajib. Kandungan nutrisi pada sayuran atau buah dapat membantu memberikan asupan gizi, sehingga mencegah untuk keinginan ngemil.

2. Jangan malas bergerak

Meskipun saat ini sedang dibatasi ruang untuk beraktivitas, namun itu tak ada salahnya untuk berolahraga ringan di sekitar rumah. Bisa dimulai dari membersihkan rumah atau berjalan santai. Tubuh harus bergerak agar tidak memunculkan timbunan lemak.

3. Jangan takut pada timbangan

Harus rutin dalam menimbang berat badan setiap pekannya agar bisa mengetahui kondisi tumbuh sendiri. Bila dirasa mulai naik, maka harus ada yang diperbaiki dari cara makan dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement