Kenali Permasalahan Rambut dan Solusinya

Ilustrasi kulit kepala berminyak dan ketombe. - Allthingshair.com
04 Maret 2021 09:47 WIB Media Digital Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Rambut merupakan mahkota bagi pria maupun wanita. Tak dapat dipungkiri, hal tersebut tentu membuat banyak orang memperhatikan bagian tubuh yang satu ini, mulai dari menentukan model rambut yang tepat hingga melakukan berbagai perawatan rambut.

Banyak cara yang dilakukan untuk merawat rambut, seperti memberikan vitamin, creambath, atau rajin keramas dua kali sehari. Namun, sebelum mengetahui cara merawat rambut, kamu perlu mengetahui berbagai jenis masalah rambut yang kerap kali dialami oleh banyak orang agar dapat menemukan solusi yang tepat. Yuk simak artikel berikut ini!

Bercabang

 

Sumber: bhg.com

Rambut bercabang adalah kondisi ujung rambut yang terpecah menjadi beberapa bagian. Salah satu permasalahan yang paling umum ini dapat teratasi dengan  memotong rambut yang bercabang tersebut. Menurut penata rambut, umumnya trim rambut setiap dua bulan sekali dapat menghindari rambut bercabang. Kamu dapat memilih salon favoritmu untuk memotong rambut, salah satu rekomendasi salon dengan hair stylist terbaik untuk menata rambutmu adalah XY Salon, Salon Rudy by Rudy Hadisuwarno, atau Sainbelle Salon. Kamu dapat mendiskusikan potongan model rambut yang kamu inginkan sekaligus menghilangkan rambut bercabangmu.

Kerusakan Akibat Zat Kimia

 

Sumber: Natur.co.id

Selanjutnya, kerusakan rambut bisa dikarenakan bahan kimia yang terdapat pada pewarna rambut akibat tidak memperhatikan dengan benar saat mewarnai rambut. Oleh karena itu, memilih hair stylist yang mengerti dengan tepat cara mewarnai rambut sangatlah penting. Kerusakan akibat zat kimia ini bisa diatasi dengan menggunakan masker rambut atau hair oil sebelum keramas. Cara ini berguna untuk memberi protein pada rambut agar terlindungi dari kerusakan yang tidak diinginkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan rutinitas perawatan rambut yang konsisten selama 4 - 6 pekan dengan cara masker rambut sesuai kebutuhan di salon.

Kerontokan

 

Sumber: Pinterest.com

Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh banyak hal termasuk masalah hormon endokrin, stres, masa pengobatan, usai persalinan, ketombe, psoriasis, penyakit autoimun, kurang nutrisi, reaksi alergi dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi rambut rontok, kamu bisa menggunakan hair tonic dan produk perawatan rambut dengan kandungan yang dapat menguatkan akar rambut seperti biotin, vitamin B5, dan vitamin E. Kamu dapat membeli berbagai produk perawatan rambut rontok di Shopee seperti produk lokal Tumbuh.Lab hair oil dan gunakan ShopeePay untuk mendapatkan promo menarik.

Kulit Kepala Berminyak dan Ketombe

 

Sumber: Allthingshair.com

Tidak mengherankan jika masalah rambut yang satu ini menjadi masalah utama yang sering dialami orang yang tinggal di wilayah tropis, seperti Indonesia. Hal ini dikarenakan iklim tropis membuat kulit kepala lebih banyak memproduksi minyak. Sebenarnya, kulit kepala berminyak memiliki beberapa manfaat seperti mencegah rambut rontok dan kering. Namun, kulit kepala berminyak yang berlebih dapat membuat rambut tampak lepek dan menimbulkan ketombe. Untuk itu, gunakanlah produk perawatan rambut yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Mencuci rambut dengan teratur setiap dua hari sekali juga mampu menghilangkan minyak dan ketombe. 

Uban

Sumber: Klikdokter.com

Uban tidak hanya dialami oleh seseorang yang berumur saja, tetapi uban merupakan jenis masalah rambut yang dapat dialami oleh semua usia. Di samping faktor usia, penyebab uban lainnya ialah gen, rasa stres, dan perubahan hormon. Untuk mencegah serta mengatasi dari dalam, konsumsilah berbagai makanan dengan kandungan vitamin B5, B1 dan B12 yang tinggi.

Itulah beberapa jenis masalah rambut yang sering dialami oleh banyak orang. Dari mulai rambut bercabang hingga uban, penyebab dan cara mengatasinya pun berbeda-beda. Kunjungi salon-salon terpercaya seperti XY Salon, Salon Rudy by Rudy Hadisuwarno, atau Sainbelle Salon untuk mendapat perawatan rambut terbaik dari ahlinya. Kamu dapat memanfaatkan fitur Deals Sekitarmu di Shopee untuk menemukan salon terbaik dengan promo voucher menarik dari ShopeePay dan jangan lupa gunakan ShopeePay sebagai alat pembayaran untuk menghindari kontak fisik.

Setelah melakukan perawatan di salon, kamu juga bisa menjaga keindahan rambut kamu dengan melakukan perawatan rambut dari rumah. Kamu dapat mendapatkan alat dan produk hair care terbaik secara online di Shopee dan jangan lupa menggunakan ShopeePay untuk mendapatkan cashback dan promo gratis ongkir. Mari rawat rambut agar menjadi lebih indah dan berkilau.