Ini 3 Khasiat Air Putih untuk Turunkan Berat Badan

Minum air putih bermanfaat untuk kesehatan tubuh. - Istimewa
05 Maret 2021 09:07 WIB Laurensia Felise Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Air putih memiliki sejumlah khasiat bagi tubuh, termasuk dalam membantu penurunan berat badan.

Faktanya, sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan setidaknya sekitar 30 persen hingga 59 persen orang dewasa di sana meningkatkan konsumsi air putih ketika menjalankan program diet.

Mengutip dari Healthline, berikut tiga manfaat konsumsi air putih untuk membantu menurunkan berat badan.

1. Membakar Kalori

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi air putih dapat membantu meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh dengan peningkatan sebesar 24 persen hingga 30 persen dalam kurun waktu 10 menit sejak konsumsi air putih. Efek ini dapat bertahan selama 60 menit.

Tidak hanya itu, studi lainnya yang mendukung klaim ini juga mengungkapkan setidaknya ada peningkatan jumlah kalori yang dibakar sebesar 25 persen pada anak-anak dengan berat berlebih dan obesitas.

2. Bantu Kurangi Nafsu Makanan

Konsumsi air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan, teritama bagi masyarakat usia menengah dan lansia. Tidak hanya itu, konsumsi air putih sebelum sarapan pagi juga dapat mengurangi jumlah kalori yang masuk sebesar 13 persen. Akan tetapi, efek yang sama belum tentu berlaku bagi masyarakat kalangan muda.

3. Rendah Risiko Kenaikan Berat Badan

Air putih pada dasarnya bebas kalori sehingga secara umum memiliki keterkaitan dengan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi air putih memiliki rata-rata jumlah kalori yang masuk 9 persen lebih rendah.

Cara ini bisa dilakukan dengan menambahkan segelas air putih dalam konsumsi harian atau dengan mengganti minuman manis dengan air putih.

Anak-anak juga sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih demi mencegah kasus kelebihan berat badan atau obesitas.

Sumber : Bisnis.com