Prisa dan Ivan Gubah Lagu Gombloh Jadi Lebih Epik

Prisa Putrialina (kiri) dan John Paul Ivan saat proses syuting single Lestari Alamku (Berita Cuaca) di kawasan Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah, belum lama ini. - Istimewa
09 Maret 2021 21:27 WIB Arief Junianto Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bertepatan dengan momentum Hari Musik Nasional yang jatuh pada 9 Maret 2021, penyanyi cilik asal Klaten bernama Prisa Putrialina merilis single keduanya yang berjudul Lestari Alamku (Berita Cuaca). Sebelumnya Prisa juga merilis single pertamanya pada Agustus 2020 yang berjudul Pesan Damai untuk Indonesia (Doa untuk Bangsa)

John Paul Ivan yang juga bertindak sebagai produser sekaligus arranger single Lestari Alamku (Berita Cuaca) mengakui single tersebut ia tampilkan dengan nuansa baru dan berbeda, baik dari versi aslinya maupun versi remake yang dibawakan oleh mantan grup band Ivan, Boomerang. “Banyak part yang saya modifikasi ulang,” kata Ivan kepada Harian Jogja beberapa waktu lalu.

Selama proses rekaman, Ivan mengaku melibatkan beberapa musikus andal. Selain drummer Kevin Sugito, dan bassist Zaky Boy, dan vokalis band Geger, Windy Saraswati sebagai backing vocal, dia juga melibatkan Ganzer Lana, seorang musikus pemain alat musik sasando 32 senar.

Selain itu, dalam mengaransemen ulang Lestari Alamanku (Berita Cuaca), Ivan juga memasukkan unsur alat musik tiup berupa seruling dan perkusi. Untuk itu dia mengajak serta pemain seruling Alan Flut, pemain perkusi Arvi Cangap, serta pemain violin asal Rusia, German Dmitriev. “Masuknya unsur biola, seruling, sasando, dan perkusi benar-benar membuat single ini menjadi istimewa,” kata Ivan.

Sementara terkait dengan video klip singel yang tayang di kanal Youtube PRISA official pada 9 Maret 2020 tersebut, Ivan menjelaskan lokasi syuting banyak dilakukan di kawasan Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar.

Selain itu, beberapa lokasi juga dipilih, seperti di Kebun Teh Kemuning dan De'Tjoloemadu di Karanganyar, serta gumuk pasir di kawasan pantai selatan DIY. “Selain itu, dalam video klip yang kami bikin, melibatkan juga Bupati Karanganyar, Bapak Juliatmono dalam beberapa adegan,” kata Ivan.

Lingkungan Hidup

Bupati Karanganyar Juliatmono menjelaskan isi lirik lagu Lestari Alamanku (Berita Cuaca) sangatlah indah dan penuh dengan pesan yang baik bagi semua. “Liriknya cocok untuk mengingatkan bahwa kita semua harus menjaga dan merawat kembali kelestarian alam di negeri tercinta kita ini,” ucap dia.

Dia juga berharap single Lestari Alamanku (Berita Cuaca) bisa membangkitkan semangat kebangsaan dan cinta terhadap lingkungan hidup. Selain itu bisa juga mengangkat wisata sejarah Nusantara. “Sesuai dengan slogan Karanganyar Life Center of Nusantara,” ucap dia.