Ini Daftar Makanan Indonesia Populer dalam 10 Tahun Terakhir

Cappucino Cingcau atau yang lebih eksis dikenal dengan capcin pamornya sangat menanjak pada 2011 tersebut. - JIBI/Bisnis.com
11 Maret 2021 21:47 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Setiap tahun selalu ada makanan yang menjadi fenomenal. Cepat berubahnya minat masyarakat, membuat para pelaku industri kuliner selalu memberikan inovasi. Lalu masih ingatkah apa saja makanan yang pernah fenomenal di Indonesia?

Berikut ini rangkuman makanan yang pernah viral 10 tahun terakhir :

1. Cappucino Cingcau (2011)

Cappucino Cingcau atau yang lebih eksis dikenal dengan capcin pamornya sangat menanjak pada 2011 tersebut. Hampir semua sudut tempat banyak menjual minuman ini. Mulai dari capcin harga kaki lima sampai harga hotel bintang lima bisa di jumpai. Desain gelas minuman dibuat beragam agar lebih menarik dari penjual yang lain.

2. Serba Pelangi (2012)

Di tahun ini ada banyak makanan yang dibuat bernuasa rainbow atau pelangi. Seperti kemunculan donat rainbow, rainbow cake, kue kumis kucing rainbow, roti tawar rainbow dan masih banyak lagi modifikasi makanan pelangi lainnya.

3. Red velvet (2013)

Terinspirasi dari red velvet cake yang menjadi idola kala itu, kemudian bermunculan makanan lainnya yang turut memodifikasi warna tersebut. Sebut saja martabak red velvet, ice cream red velvet, kue cubit red velvet, dan biskuit red velvet.

3. Green Tea (2014)

Makanan dan minuman saat itu seakan tergila-gila dengan green tea atau matcha. Segala kuliner yang identik dengan rasa manis serba warna hijau.

5. Tahu bulat dan makanan serba pedas (2015)

Jajanan dengan ciri khas suara pedagangnya yang unik itu begitu digandrungi oleh masyarakat pada 2015. Di tahun ini pula makanan serba pedas mulai debut dan terkenal. Ini merupakan era bangkitnya seblak, Indomie kekinian, samyang, dan masih banyak lagi makanan pedas lainnya.

6. Sate Taichan (2016)

Pada 2016, era makanan serba pedas belum juga sirna, bahkan kian eksis. Kemudian muncul cara baru memakan sate dengan sambal yaitu sate taichan.

7. Minuman Mangga, Es kepal Milo dan Es Kopi Susu Gula Aren. (2017)

Di tahun ini muncul tiga jenis minuman yang begitu fenomenal. Sebut saja minuman yang menggunakan bahan dasar mangga saat itu menjadi primadona. Kemudian es kepal milo dan terakhir es kopi susu gula aren. Namun popularitas ketiganya tidak bertahan lama.

8. Salted egg (2018)

Pada 2018 ada banyak sekali makanan yang menawarkan bumbu telur asin sebagai andalan. Mulai dari ayam geprek telur asin, cumi tepung telur asin, bahkan KFC juga mengeluarkan ayam saus salted egg.

9. Boba (2019)

Pada 2019, boba dan minuman kekinian lainnya menjadi viral, seperti eranya capcin, boba bisa ditemui dimana saja dan harga yang bervariasi.

10. Dalgona (2020)

Hampir sepanjang 2020 masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Hal ini membuat fenomena kopi dalgona menjadi rutinitas yang dilakukan oleh banyak orang. Meskipun repot karena menghabiskan tenaga dan waktu, namun mengaduk campuran kopi dan gula aren secara manual begitu banyak peminatnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia