Sebaiknya Jangan Mandi dengan Air Dingin Usai Begadang, Ini Alasannya

Ilustrasi. - Freepik
13 Maret 2021 16:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Terkadang kita harus menunda tidur dan begadang saat ada hal yang harus dikerjakan. Padahal, begadang dikenal tak menyehatkan. Selain itu, mandi air dingin setelah begadang semalaman juga tak disarankan.

Melansir dari Hello Sehat, saat Anda mandi usai begadang semalaman, maka ada risiko kesehatan yang mungkin muncul.

Dalam hal ini, dr. Chris Bleakley mengingatkan bahwa mandi air dingin bisa membuat tubuh syok. Hal ini diperburuk karena kemungkinan suhu tubuh Anda panas usai begadang semalaman suntuk.

Dengan suhu tubuh yang tinggi usai begadang dan disiram air dingin, paginya akan berisiko tinggi pada orang yang punya masalah jantung. Hal ini disebabkan karena mandi air dingin saat suhu tubuh panas bisa mengganggu sirkulasi darah.

Baca juga: DIY Sasar 334.750 Pelayan Publik untuk Divaksin Covid-19

"Meskipun suhu tubuh sudah menurun jadi cukup dingin sebelum Anda mandi, tetap ada risiko yang perlu dipertimbangkan, sebab suhu yang terlalu dingin bisa menyebabkan arteri dan pembuluh darah menyempit," catat Hello Sehat.

Perubahan suhu tubuh mendadak juga memengaruhi pasokan darah dan oksigen menuju jantung.

Kondisi ini kemudian akan memengaruhi tekanan darah dan detak janung yang membuat Anda rentan mengalami nyeri dada, serangan jantung, hingga stroke. Hal ini bahkan bisa terjadi pada orang normal tanpa masalah jantung sebelumnya.

Daripada langsung mandi air dingin, Anda disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari terlebih dahulu. Berjemur di bawah sinar matahari akan mengembalikan suhu tubuh normal Anda.

Jika tidak ada sinar matahari, Anda lebih baik mandi air hangat usai begadang.

Sumber : Suara.com