Advertisement

Tips Aman Terima Paket dari Kurir Saat Pandemi Covid

Fitri Sartina Dewi
Sabtu, 13 Maret 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Tips Aman Terima Paket dari Kurir Saat Pandemi Covid Ilustrasi jasa kurir - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengubah pola hidup masyarakat, termasuk dalam kebiasaan belanja. Saat ini, banyak masyarakat yang cenderung memilih berbelanja secara daring untuk memenuhi kebutuhannya.

Sebenarnya, kebiasaan belanja online ini tidak hanya terjadi saat ini saja, tetapi sebelum adanya wabah Covid-19 di Indonesia. Namun, pandemi yang masih terjadi hingga saat ini menyebabkan tren belanja online semakin meningkat.

Advertisement

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh perusahaan teknologi asal Perancis Criteo, pandemi yang merebak sejak awal Maret 2020 itu berhasil meningkatkan unduhan aplikasi dagang el di Indonesia.

Data Criteo menunjukkan bahwa 55 persen konsumen di Asia-Pasifik mengunduh setidaknya satu aplikasi dagang el di tengah pandemi Covid-19

Meskipun demikian, masyarakat diimbau untuk memperhatikan sejumlah hal saat menerima paket atau barang dari kurir atau ojek daringĀ agar terhindar dari risiko terpapar virus Corona (Covid-19).

Dikutip dari akun instagram Komite Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 saat menerima paket.

Pertama, masyarakat diminta untuk tetap menjaga jarak dengan kurir saat menerima paket. "Siapkan tempat khusus depan rumah untuk meletakkan paket," tulis akun @lawancovid19_id, Sabtu (13/3/2021).

Kedua, masyarakat diimbau untuk tetap memakai masker, terutama jika harus berinteraksi langsung dengan kurir (saat bayar atau tanda tangan).

Ketiga, segera membuang pembungkus paket yang tidak diperlukan ke tempat sampah. Keempat, membersihkan kemasan bagian luar paket dengan disinfektan.

Langkah terakhir yang harus dilakukan ialah mencuci tangan dengan menggunakan sabun usai membuka paket.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Baliho Menjamur di Jalanan Sleman, Lurah Banyurejo Siap Maju di Pilkada 2024

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement