Coba Deh! 10 Pekerjaan Sampingan Ini Dapat Kamu Mulai Sekarang

Ilustrasi kerajinan tangan berupa tas olahan dari pelepah pisang./Bisnis.com - Ropesta Sitorus
15 Maret 2021 21:27 WIB Nirmala Aninda Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Apakah Anda sedang mencari beberapa cara untuk mulai mendapatkan uang tambahan dari pekerjaan sampingan?

Sekarang ada lebih banyak cara untuk mulai menghasilkan uang dengan cepat dan banyak di antaranya berpotensi untuk dibangun menjadi karir, bahkan bisnis yang sukses.

Apa pun yang Anda lakukan saat ini, internet telah sepenuhnya mengubah cara orang bekerja dan untungnya, telah membuat segalanya jauh lebih fleksibel daripada sebelumnya.

Dengan pekerjaan, karier, dan pekerjaan sampingan ada di ujung jari kita, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk mulai menghasilkan pendapatan tambahan.

Influencive melansir hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami apa keahlian unik Anda, kemudian mencoba dan menemukan cara agar dapat menghasilkan uang dari pekerjaan sampingan.

Apakah Anda seorang penulis hebat, apakah Anda memiliki mobil, memiliki keahlian khusus dengan perangkat lunak seperti photoshop, dapatkah Anda membuat kode, dapatkah Anda memasak?

1. Perbaikan rumah

Jika Anda memiliki beberapa keterampilan seperti memperbaiki barang atau memotong rumput, itu sangat dibutuhkan. Informasi tentang peluang pekerjaan ini dapat Anda temukan melalui media sosial atau tawarkan jasa Anda ke orang-orang terdekat lebih dahulu.

2. Berdagang di e-commerce

Apa pun yang Anda butuhkan dapat ditemukan melalui e-commerce. Begitu pula sebaliknya, Anda dapat menjual apa pun di toko online dan ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan uang ekstra.

3. Menjadi asisten virtual

Bisnis dan wirausahawan selalu memerlukan pekerja yang baik, tetapi biasanya tidak terjangkau untuk mempekerjakan staf penuh waktu.

Jika Anda ahli dalam membantu dan melakukan tugas jenis admin, mulailah karir sebagai asisten virtual. Anda dapat bekerja dari rumah dan membantu orang pada saat bersamaan.

4. Jual kerajinan tangan di Etsy

Jika Anda ahli dalam kerajinan dan membuat barang-barang unik, mengapa tidak mencoba menjualnya. Etsy adalah platform hebat bagi mereka yang kreatif untuk menjual produk mereka dan menghasilkan uang tambahan.

5. Menjadi mitra aplikasi ride-sharing

Sebagian besar dari kita tahu tentang aplikasi ride-sharing dan lonjakan layanan transportasi online. Di Indonesia, Gojek dan Grab adalah cara bagus untuk mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus fleksibel untuk menyesuaikan diri dengan pekerjaan atau jadwal belajar Anda.

6. Sewakan kamar atau rumah

Apakah Anda menyewa rumah dengan beberapa kamar cadangan? Alih-alih mencari rekan tinggal untuk jangka panjang, mengapa tidak menyewakannya dengan tarif harian di Airbnb dan dapatkan uang tambahan.

Anda perlu melengkapi ruangan, tetapi Anda kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan dua kali lebih banyak dari penyewa jangka panjang. Ini juga cara yang bagus untuk bertemu banyak orang baru.

7. Buka kelas tutor lewat Zoom dan Skype

Kita semua telah melihat secara langsung peralihan kegiatan ke konferensi video belakangan ini dan sekarang layanan bimbingan online menjadi tren.

Kelas online tidak hanya membuat prosesnya lebih mudah, tetapi Anda dapat membawa keterampilan Anda ke seluruh dunia, bukan hanya ke lingkungan sekitar. Apalagi Zoom dan Skype keduanya gratis untuk digunakan.

8. Blogging

Jika Anda seorang penulis yang produktif, blog adalah cara untuk menghasilkan uang sampingan. Anda dapat menggunakan blog untuk menjual iklan atau bahkan menjual produk Anda sendiri atau menggunakan penawaran afiliasi. Blog adalah cara yang lebih lambat untuk menghasilkan uang, tetapi memiliki nilai nyata dalam jangka panjang.

9. Mulai sebuah podcast

Podcasting disebut sebagai bentuk blog baru dan jika Anda memahami area tertentu, pendekatan ini adalah cara yang ampuh untuk menciptakan kehadiran online. Saat podcast Anda sudah aktif dan berjalan, Anda dapat menjual iklan atau bahkan menawarkan hal-hal seperti buku dan produk.

10. Mulai bisnis kuliner

Apakah Anda memiliki keterampilan di dapur? Mengapa tidak menjadi koki pribadi dan memasak untuk orang lain. Selain itu, kuliner adalah area bisnis paling universal. Selain makanan yang populer di media sosial, ada banyak konsep bisnis katering rumahan yang sedang meningkat cukup pesat.

Sumber : Bisnis.com