"Barmalas-malasan", Rahasia Steve Jobs dan Albert Einstein Tumbuhkan Kreativitas

Steve Jobs - entrepreneur
16 Maret 2021 23:47 WIB Nirmala Aninda Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Beristirahat dari jadwal sibuk dan mencurahkan waktu untuk tidak melakukan apa pun adalah kunci menumbuhkan kreativitas.

Steven Kotler, penulis buku The Art of the Impossible menunjukkan bahwa "no time" berkaitan dengan saat tenang ketika seseorang dapat mengisolasi diri dari kebisingan dan tuntutan.

Dilansir Entrepreneur, untuk mendapatkan kehidupan yang bermanfaat dan memuaskan,Anda disarankan untuk memperhatikan praktik bersyukur, mendekatkan diri dengan alam dan hubungan dengan diri sendiri, karena penelitian menegaskan bahwa semua kegiatan ini baik untuk manusia.

Demikian pula, sains menunjukkan bahwa "no time" yang sangat dibutuhkan dalam rutinitas yang padat, karena jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda dengan kesibukan, kecil kemungkinan Anda akan punya waktu untuk diri sendiri.

"No time adalah istilah untuk kekosongan antara jam 4 pagi dan 7:30 pagi, ketika seluruh dunia bangun. 'No time' adalah kegelapan total yang bukan milik siapa pun kecuali diri kita sendiri, "tulis Kotler.

Banyak tokoh sukses juga memahami konsep serupa. Albert Einstein pernah mengungkapkan bahwa berkali-kali gagasan paling berharga muncul saat dirinya tidak melakukan apa-apa dan menikmati "waktu luang" miliknya sendiri.

Steve Jobs juga seorang "pemalas terkenal".

"Saat Steve Jobs menunda-nunda pekerjaan dan merenungkan segala kemungkinan, itu adalah waktu yang dihabiskan dengan baik untuk memunculkan ide-ide yang lebih berbeda," ujar profesor Wharton Adam Grant kepada Business Insider.

'No time' tidak hanya cukup untuk dapat mengubah dunia, ini adalah unsur penting dan bagian dari hidup secara keseluruhan.

Ketika Anda merencanakan rutinitas pagi yang sempurna, kebutuhan diri sendiri sering terlewat. Tetapi Anda perlu mencoba memasukkan 'no time' ke dalam kehidupan sehari-hari.

Anda akan melihat perubahan dalam cara Anda berpikir dan berkreasi, dan mencapai versi diri Anda yang lebih sukses.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia