Advertisement

4 Kesalahan Saat Memakai Kondisioner Rambut, Salah Satunya Kena Kulit Kepala

Newswire
Rabu, 17 Maret 2021 - 07:57 WIB
Nina Atmasari
4 Kesalahan Saat Memakai Kondisioner Rambut, Salah Satunya Kena Kulit Kepala Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebagian perempuan menambahkan kondisioner saat mencuci rambut. Namun, banyak pula yang melewatkannya.

Alasannya bermacam-macam, mulai dari merasa tak penting atau malah tak biasa karena kerap terasa lengket, berat hingga berminyak. Kalau sudah begitu, apakah kamu juga kerap mengalami hal yang sama?

Advertisement

Nah, jika jawabannya ya, maka ada kemungkinan kamu melakukan kesalahan saat menggunakan kondisioner. Berikut ini adalah empat kesalahan umum saat menggunakan kondisioner!

1. Menggunakan sampai akar
Dilansir dari Times of India, mengaplikasikan kondisioner sampai akar rambut akan membuat kulit kepala makin berminyak.

Kulit kepala menghasilkan sebum alami untuk menutrisi akar dan jika diaplikasikan pada kulit kepala, akan membuat akar rambut berminyak. Karena itu, aplikasikan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut. Biarkan selama sekitar satu atau dua menit dan kemudian bersihkan dengan air dingin untuk menutup kutikula.

2. Gunakan kondisioner terlalu banyak atau terlalu sedikit
Tidak menggunakan kondisioner akan membuat rambut lebih rapuh. Namun terlalu banyak menggunakan kondisioner juga dapat menyebabkan penumpukan produk dan membuat rambut berminyak. Seberapa banyak produk yang diterapkan sebenarnya tergantung pada panjang dan ketebalan rambut.

3. Tidak menggunakan kondisioner yang tepat untuk jenis rambut
Kamu perlu menggunakan kondisioner yang pas. Jika memiliki rambut tipis, utamakan menggunakan kondisioner ringan. Jika ingin melakukan deep conditioning pada rambut tipis, hanya akan memberatkan rambut. Jadi cari kondisioner berkualitas yang sesuai dengan jenis rambutmu.

4. Jangan pakai kondisioner terlalu lama
Kondisioner hanya memerlukan beberapa menit untuk bisa bekerja. Jika hanya mengoleskannya dan membilasnya seperti sampo, kondisiner dijamin tidak akan bekerja sama sekali. Kamu perlu mengoleskan kondisioner dalam beberapa bagian dan biarkan selama setidaknya 4-5 menit.

Hal ini akan membuat rambutmu terhidrasi dan berkilau. Selama deep conditioning, kamu perlu menggunakan masker rambut atau kondisioner yang bisa kamu aplikasikan dan biarkan selama 15-30 menit sebelum kamu membilas semuanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dishub DIY Buat Skema Jalur Utama dan Alternatif Masuk DIY Saat Mudik Lebaran 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement