Ini 9 Makanan yang Manjur Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah Kiwi - Blackpeppercorn
17 Maret 2021 23:17 WIB Janlika Putri Indah Sari Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA — Makanan  menjadi salah satu faktor yang memengaruhi seseorang tidur dengan lelap maupun terjaga sampai larut malam.

Hal ini disebabkan karena adanya nutrisi tertentu dalam makanan yang memberikan pengaruh bagi tubuh.

Dilansir dari CNN, berikut sembilan camilan dan makanan yang bisa dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah kesulitan tidur.

1. Buah Beri dan Yogurt

Kandungan karbohidrat dalam buah beri bisa menguatkan produksi serotonin dalam tubuh, sedangkan yogurt merupakan sumber bagi tryptophan yang membantu kelancaran tidur.

Meski yogurt dikenal sebagai salah satu makanan yang dikonsumsi sebagai sarapan, tetapi dengan rasanya yang manis-asam dan teksturnya yang kental juga bisa dinikmati sebagai camilan pada malam hari.

2. Jus Ceri Tart dengan Kacang Walnut

Camilan ini kaya akan melatonin yang berperan penting dalam siklus bangun-tidur pada tubuh. Melatonin sendiri diproduksi ketika malam hari.

Umumnya orang yang mengalami kesulitan tidur akan mengonsumsi suplemen melatonin, tetapi buah ceri tart bisa menjadi alternatif dalam mendapatkan melatonin dari sumber yang alami.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi jus ceri tart memiliki tingkat melatonin yang lebih tinggi serta mengalami tidur yang lebih lama dan berkualitas. Studi lainnya juga mengungkapkan adanya manfaat baik konsumsi jus ini bagi orang-orang dewasa yang memiliki insomnia.

Di sisi lain, kacang walnut bersamaan dengan kacang pistachio dan almond juga menjadi sumber makanna lain untuk mendapatkan melatonin. Baik kacang-kacang ini maupun jus ceri tart bisa dikombinasikan saat mengonsumsi camilan setelah makan malam.

3. Kacang Chickpea dan Segelas Susu

Kacang chickpea dan susu merupakan sumber dari trytophan yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Asam amino ini bekerja dengan diubah menjadi melatonin dan serotonin yang memberikan rasa rileks dan membantu untuk proses tidur yang baik.

Keduanya bisa dikombinasikan sebagai camilan saat malam hari. Untuk kacang chickpea, pengolahannya dapat dilakukan dengan dicampur sedikit minyak zaitun dan garam kemudian dipanggang hingga renyah.

4. Buah Kiwi

Sebuah studi menunjukkan bahwa buah berwarna hijau ini mengandung antioksidan dan serotonin yang membantu tubuh untuk tidur lebih baik secara kualitas, durasi dan efisiensi bagi mereka yang kesulitan tidur.

Cara mengonsuminya pun mudah, cukup potong buah menjadi dua secara horizontal kemudian keruk daging buahnya dengan sendok.

5. Salad Bayam dengan Quinoa, Alpukat, dan Biji Labu

Menu ini bisa menjadi alternatif makanan sebelum tidur karena adanya kandungan magnesium yang kaya dan dibutuhkan saat tidur.

Magnesium sendiri mampu meregulasi melatonin neurotransmiter yang memastikan siklus tidur tubuh bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, ia juga membantu dalam meningkatkan asam gamma-aminobutyric yang memperlambat kerja otak dalam berpikir dan membantu seseorang terlelap.

Untuk biji-bijian, alternatif lain dari biji labu adalah biji bunga matahari atau kacang almond yang juga mampu menyediakan zat magnesium.

6. Pisang dengan Selai Kacang

Kombinasi pisang dan selai kacang kaya akan magnesium dan membantu dalam mencegah kenaikan gula darah. Makanan ini juga bisa dikonsumsi bagi orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

7. Makanan yang Kaya Protein

Makanan seperti ikan, telur, dan keju mengandung asam amino jenis L-ornithine yang membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur setelah kelelahan.

8. Teh Herbal

Segelas teh herbal bisa menjadi minuman yang membantu meningkatkan kualitas tidur, misalnya pada teh bunga kamomil yang mengandung antioksidan bernama apigenin. Apigenin memiliki fungsi membantu meningkatkan kualitas siklus tidur.

Selain kamomil, ada pun teh passionflower yang memberikan efek jangka pendek untuk tidur bagi orang yang memiliki kualitas tidur dengan fluktuasi standar.

9. Susu Kunyit

Kandungan kunyit mampu menenangkan perut, tetapi ketika ditambahkan susu akan mampu membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga seseorang bisa tidur lebih cepat dan baik.

Susu ini bisa ditambahkan beberapa bahan seperti lada hitam yang bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kurkuma, kandungan berwarna kuning terang yang mengandung antioksidan dan kandungan anti peradangan.

Bahan lainnya seperti kayu manis, pala, dan madu dapat dicampur di dalam susu kunyit.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia