Ini Daftar Makanan yang Bikin Otak Pintar dan Sehat

Ilustrasi otak
18 Maret 2021 21:57 WIB Luke Andaresta Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Makanan yang kita makan dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak kita. Mengonsumsi makanan yang meningkatkan fungsi otak dapat mendukung kinerja otak hingga jangka panjang.

Otak adalah organ yang cukup intensif bekerja dalam tubuh manusia, menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga membutuhkan banyak bahan bakar yang baik untuk menjaga konsentrasi sepanjang hari.

Melansir dari Medical News Today, berikut 5 makanan yang mudah dijumpai sehari-hari dan terbukti secara ilmiah membantu meningkatkan fungsi otak.

1. Alpukat

Sebagai sumber lemak tak jenuh yang menyehatkan, alpukat dapat meningkatkan fungsi otak. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah tinggi juga secara otomatis dapat menurunkan resiko penurunan kognitif.

2. Telur

Disukai oleh banyak orang untuk sarapan pada pagi hari, telur bisa menjadi makanan yang meningkatkan fungsi otak secara efektif. Telur merupakan sumber vitamin B yang terdiri dari vitamin B-6 dan B-12, dan asam folat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa vitamin ini dapat mencegah penyusutan otak dan menunda penurunan kognitif.

3. Kopi

Kopi dikenal sebagai alat bantu konsentrasi agar peminumnya tetap terjaga dan mendorong kemampuan fokus. Sebuah studi menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat meningkatkan kapasitas otak untuk memproses informasi. Selain itu, kopi juga merupakan sumber antioksidan yang dapat mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia.

4. Brokoli

Selain menjadi sumber serat makanan rendah kalori, brokoli juga baik untuk fungsi otak. Brokoli kaya akan senyawa yang disebut glukosinolat. Ketika tubuh memecahnya, mereka menghasilkan isothiocyanate.
Isothiocyanate dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan resiko penyakit neurodegeneratif. Brokoli juga mengandung vitamin C dan flavonoid, dan antioksidan ini selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan otak seseorang

5. Kacang

Kacang adalah salah satu makanan yang memiliki nutrisi yang sangat baik. Kacang mengandung lemak tak jenuh dan protein untuk menjaga tingkat energi seseorang sepanjang hari. Vitamin dan mineral utama yang dimiliki kacang juga bisa menjaga kesehatan otak, termasuk vitamin E dan resveratrol tingkat tinggi.

Antioksidan resveratrol alami ditemukan dalam kacang tanah dan memiliki efek perlindungan, seperti membantu mencegah kanker, peradangan, dan penyakit neurologis termasuk Alzheimer dan Parkinson.

Sumber : Bisnis.com