Jus Premium Ini Tepat untuk Diet Sehat Alami

Minuman jus buah dari It's Buah
18 Maret 2021 22:57 WIB Dewi Andriani Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Buah dan sayuran merupakan sumber makanan yang kaya akan berbagai nutrisi. Selain mengonsumsi secara langsung, tak sedikit masyarakat yang mengolahnya menjadi jus buah dan sayur.

Namun, sering kali dalam proses pengolahannya jus tersebut diberi tambahan pemanis seperti gula maupun susu kental manis sebagai penambah rasa. Padahal, ketika buah dan sayuran tersebut telah diolah menjadi jus dengan pemanis buatan maka justru dapat membuatnya tidak sehat.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap minuman yang lebih sehat, sejumlah produsen membuat inovasi dengan jus dengan konsep cold pressed juice yang diklaim lebih sehat.

Pasalnya, dalam proses pembuatannya, cold pressed juice menggunakan teknologi cold press atau tekanan hidrolik untuk mendapatkan ekstraksi maksimal dari buah dan sayuran segar sehingga enzim dan nutrisinya tetap terjaga.

Berbeda dengan jus buah pada umumnya, cold pressed juice ini disajikan lebih segar tanpa ada tambahan gula, air dan pengawet, serta lebih kaya akan serta, vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya nutrisi karena diproduksi dari beberapa jenis buah dan sayuran segar.

Salah satu brand cold pressed juice yang digemari masyarakat adalah It’s Buah yang didirikan oleh Hamzah Parsaoran Sinaga pada 2012 lalu. Mulanya It’s Buah mengusung konsep cafe buah yang menjual berbagai buah segar lokal seperti jus buah pada umumnya.

Namun, sekitar 3 hingga 4 tahun terakhir, It’s Buah mulai merambah dunia digital dan pada saat itulah konsep bisnisnya diubah dari yang semula jus buah konvensional menjadi jus premium cold pressed juice yang terdiri dari 6 varian rasa dengan campuran buah dan sayur.

Memang dari sisi harga, cold pressed juice jauh lebih mahal dibandingkan dengan jus buah pada umumnya yakni untuk 1 botol cold pressed juice ukuran 350 ml dibanderol seharga Rp65.000. Namun, di sinilah pria yang akrab disapa Hapasi ini menggunakan teknik digital marketing dengan menyasar target yang sesuai dengan pangsa pasar.

Menurutnya, untuk pangsa pasar cold pressed juice ini, It’s Buah lebih menyasar kepada wanita berusia 35 tahun ke atas yang memiliki kemampuan daya beli tinggi (kelas A) dan yang peduli akan penampilan dan pola hidup sehat alami.

“Segmen ini merupakan segmen yang well educated,mereka adalah orang-orang yang mementingkan value suatu produk daripada harga. Wanita memang sensitif terhadap harga, tetapi untuk market kelas A biasanya lebih sensitif terhadap nilai manfaat dibandingkan harga. Ini yang kami sasar,” ujarnya.

Apalagi minuman jus premium cold pressed juice ini diklaim bisa menjadi produk diet sehat alami. Di sinilah, It’s Buah menawarkan paket detoks yang di dalam satu paketnya terdapat 21 botol cold pressed juice yang dapat dikonsumsi selama 3 hari, dimana setiap harinya konsumen harus mengonsumsi 7 botol.

Adapun harga untuk paket detoks ini dijual sekitar Rp1,25 juta. Dan ternyata, paket ini paling banyak diminati masyarakat sehingga dapat mendongkrak penjualan dari It’s Buah yang secara rata-rata saat ini mampu menjual hingga 15.000 botol setiap bulannya.

Bahkan pada tahun 2021 ini, It’s Buah ditargetkan dapat terjual hingga 1.000 botol per hari atau sekitar 30.000 botol per bulan, dengan target jangka panjang pada 2025 dapat menjual 2 juta botol per tahun atau sekitar 160.000 botol per bulan.

Dalam proses penjualannya, saat ini hampir 100 persen penjualan It’s Buah menggunakan media online, baik melalui website, e-commerce, maupun instagram It’s Buah @sehatbarengitsbuah.

it's buah minuman sehat tips sehat

Selain It’s Buah, brand lain yang juga menawarkan jus premium berkonsep cold pressed juice adalah Mama Roz Healty Juice. Brand ini pertama kali diluncurkan pada 2005 dan kini telah memasuki pasar modern premium di Indonesia.

Mamaroz sendiri memiliki beragam produk dengan berbagai varian kategori mulai dari jus buah klasik, coconut water, protein, wellness shots, hingga elements. Masing-masing kategori memiliki manfaatnya sendiri-sendiri, misalnya untuk kategori element atau ultimate detoks dipercaya dapat membersihkan tubuh dari teksin berbahaya.

Kategori elements sendiri pertama kali diluncurkan pada 2018 sebagai produk inovasi yang dibuat dengan teknologi cold press yang mengandung berbagai buah, sayur, dan superfood seperti chia seeds, spirulina, kayu manis, jahe, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada pula jus dengan kategori almond milk yang baru diperkenalkan pada 2019. Almond milk sendiri memiliki 7 varian rasa dibuat dari susu non-dairy diperuntukkan bagi para vegetarian, lactose intolerant, ibu hamil dan menyusui.

Adapun kategori produk lainnya yakni Wellness Shots dibuat dari konsentrat natural berbagai bahan herbal seperti daun seledri, jahe, kunyit, lemon, kayu manis, spirulina, dan lain sebagainya yang dipercaya dapat menjaga imun tubuh.

Mama Roz sendiri terus melakuka berbagai inovasi dan hingga kini telah ada sekitar 45 jenis varian yang tergabung dalam 6 kategori yang ditawarrkan oleh Mamaroz. Adapun proses pemasarannya sendiri, Mama Roz bisa ditemui di berbagai pusat perbelanjaan dan telah memiliki lebih dari 10 outlet di Jakarta dan Tangerang.

Selain itu, Mama Roz juga dapat ditemui secara online baik melalui website, facebook, maupun instagram. Serta dapat diorder melalui grabfood dan gofood dengan range harga mulai dari Rp20.000 per botol hingga Rp55.000. Mama Roz juga menawarkan hampers yang terdiri dari berbagai produk dengan range harga mulai dari Rp470.000 hingga Rp500.000. (*)

Sumber : Bisnis.com