Lima Asupan Ini Bisa Membantu Lancarkan Menstruasi

Ilustrasi. - Freepik
20 Maret 2021 10:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Normalnya, perempuan mengalami menstruasi dengan jarak rata-rata 28 hari. Namun periode menstruasi terkadang tak lancar karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Melansir dari Times of India, berbagai faktor yang bisa memengaruhi periode menstrasi adalah stres, masalah hormonal, dan lain sebagainya. Tidak mendapatkan menstruasi secara teratur dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Dengan demikian, seseorang harus memastikan untuk melacak tanggal haid terakhir mereka dan memeriksa apakah mereka mendapatkan menstruasi tepat waktu atau tidak. Untuk mengatasi menstrasuai tak lancar, berikut ada beberapa asupan yang perlu Anda konsumsi,antara lain:

Kayu manis

Kayu manis bekerja sangat baik dalam masalah menstruasi. Kayu manis bahkan membantu dalam mengobati PCOS. Kayu manis membantu dalam mengatur menstruasi Anda serta mengurangi rasa sakit yang disebabkan selama menstruasi.

Jahe

Jahe membantu meredakan gejala PMS dan mengatur menstruasi. Anda dianjurkan untuk mulai mengonsumsi jahe tujuh hari sebelum menstruasi.

Nanas

Nanas adalah obat rumahan yang bagus untuk menstruasi yang tidak teratur. Nanas mengandung bromelain, enzim yang melembutkan lapisan rahim dan membantu mengatur menstruasi. Buah ini juga bersifat anti-inflamasi dan dengan demikian membantu meredakan nyeri haid.

Cuka sari apel

Minum cuka sari apel membantu mengatur siklus menstruasi dan mengobati PCOS. Pastikan untuk mengonsumsi cuka sari apel hanya setelah dilarutkan dengan air.

Jintan

Jintan membantu masalah menstruasi dengan mengencangkan otot rahim dan memperbaiki menstruasi yang tidak teratur. Konsumsi jintan yang direndam semalaman setiap pagi dengan air hangat untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sumber : Suara.com